Ceriwis
jealous

8 Tanda Seseorang Iri Terhadap Kamu (Dan Bagaimana Memperbaikinya)

jealous

“Iri hati adalah masalah untuk orang lain, tapi penyiksaan untuk diri sendiri.” William Penn

Tidak ada perasaan yang lebih buruk daripada mencapai tujuan atau menjadi sukses dalam berusaha keras dan menemukan bahwa orang-orang di sekitarmu tidak merasa bangga atau positif tentang itu, malahan mereka merasa iri. Perasaan iri seseorang dapat menyebabkan mereka berlaku tidak baik kepada kita, terutama dalam menghadapi pencapaian atau kesuksesan kita.

Psychologist Steven Stosny mengatakan bahwa iri hati “membuat kamu berpikir hal yang sama berulang-ulang dan ketika semakin melakukannya, semakin sedikit pengujian realita yang kamu lakukan. Perasaan memiliki ilusi dari kepastian, dan iri membuat persepsi pastimu tentang dunia.”

Setiap orang pernah merasakan perasaan yang tidak enak setidaknya sekali di dalam hidup mereka, dan kebanyakan lebih dari itu. Ini terlihat lebih sulit untuk dihadapi ketika orang lain merasa iri terhadap kita. Kita dapat mengontrol bagaimana perasaan kita, tapi kita tidak dapat mengontrol perasaan orang lain. Mengenali tanda bahwa seseorang iri akan kita dapat menjadi langkah awal untuk memperbaikinya.

BERIKUT 8 TANDA BAHWA SESEORANG IRI KEPADAMU

  1. PUJIAN PALSU

Ketika seseorang iri kepadamu, mereka sering menjadi yang pertama memerikan pujian yang terdengar tulus, atau terlihat dipenuhi agresi pasif. Bagaimanapun, kamu akan menemukan bahwa orang ini akan mengerlingkan mata ketika kamu meninggalkan ruangan.

Mereka lebih baik berpura-pura tidak iri daripada menunjukannya. Satu cara untuk membalikkannya adalah dengan memberi mereka pujian yang tulus ketika sesuatu yang baik terjadi pada mereka. Itu mungkin membantu mereka melihat bahwa kamu adalah orang yang  baik, dan membantu mengurangi rasa iri mereka.

Klinik psychologist Leon F. Seltzer, Ph.D., mengatakan, “pendeknya waspada terhadap pujian atau sanjungan orang lain, hanya bijaksana untuk mempertimbangkan apakah mereka mungkin memiliki agenda tersembunyi dalam memujimu. Cara itu kamu dapat meminimalkan kemungkinan mereka yang terlihat memuji bukanlah seseorang yang bermuka dua.,”

 

  1. MENGECILKAN KESUKSESANMU

Tidak peduli apa yang kamu capai atau bagaimana keras kamu bekerja untuk mencapainya, orang iri akan selalu mencoba untuk membuatnya terlihat seperti kebetulan, atau bahwa kamu tidak berusaha sekeras yang kamu lakukan untuk mencapai kesuksesanmu. Alasan bahwa mereka muncul dengan kasar atau merendahkan.

Being Jealous Makes You Nasty, 7 Ways To Tell If Someone Is Jealous Of You

“Orang yang akan selalu iri kepadamu adalah orang yang selalu membutuhkan apa yang kamu miliki,” ucap M. Farouk Radwan, Msc.

Menaikkan umpan mereka hanya akan membuat mereka lebih suka untuk berbicara buruk. Tetaplah rendah hati tapi konstan dalam pencapaianmu. Jika kamu membual, mereka mungkin akan lebih suka iri kepadamu.

 

  1. MEMBANGGAKAN KEBERHASILAN MEREKA

Seseorang yang iri kepadamu mungkin lebih cenderung memamerkan kesuksesan mereka lebih dari yang selayaknya mereka pamerkan. Mereka mungkin lebih cenderung memamerkan prestasi mereka sendiri saat kamu merayakan keberhasilanmu. Ini adalah jenis orang yang bersatu di dalam pernikahan.

Tapi mengapa mereka memamerkan kesuksesan  mereka?

Karena kemungkinan, mereka tidak sesukses kamu. Penulis Bob Bly mengatakan, “selalu ada orang terisi dengan pikiran negatif, tidak hanya tentang orang lain yang mereka iri(kamu) tapi juga tentang diri mereka sendiri dan anggapan kegagalan mereka untuk mencapai tujuan mereka (yang sering miliki bisnis sendiri atau lebih kaya dari mereka.)”

Meskipun mungkin membuat frustasi, marah hanya akan membuat mereka merasa lebih dibenarkan dalam perilaku mereka. Alih-alih, berikan mereka pujian, yang tulus atas prestasi mereka. Diawali dengan memberi contoh adalah cara yang baik untuk mengubah perilaku seseorang.

 

  1. MEREKA MENGIKUTI KAMU

Seseorang yang iri akan secara alternative lebih baik darimu, dan juga menjadi seperti kamu. Mereka mungkin akan mengikuti cara kamu berbicara atau berpakaian untuk merasakan bahwa mereka lebih baik. Alih-alih membiarkan kamu kesal, cobalah untuk mendorong mereka untuk pergi dengan cara mereka sendiri. Ketika mereka melakukan hal mereka sendiri, beri mereka kekuatan positif. Tunjukkan pada mereka bahwa mereka tidak perlu untuk menjadi kamu untuk menjadi hebat, dan bahwa mereka bisa menjadi diri mereka sendiri.

 

  1. MEREKA MERASA BERSAING DENGANMU

Orang iri akan bersaing secara ketat, karena mereka selalu ingin menjadi orang yang mencapai kesuksesan atau seperti Klik Psychologist Melanie Greenberg katakan, mereka “baik tidak merasa aman atau sombong dan ingin membuktikan keistimewaan.”

Meskipun mungkin tergoda untuk menjatuhkan mereka, tolak untuk membuat persaingan tidak sehat, atau bahkan tolak untuk berpartisipasi. Jika mereka mencoba berdebat dengan kamu tentang promosi pekerjaan, cukup beri tahu : “ini bukanlah kompetisi.” Menolak untuk bermain dalam permainan mereka akan membuat mereka tidak suka untuk mencoba dan meneruskan untuk melebihi kamu.

 

  1. MERAYAKAN KEGAGALANMU

Seseorang yang iri akan secara diam-diam merasa senang ketika kamu membuat kesalahan, atau mendapatkan teguran atau koreksi di pekerjaan atau sekolah. Meskipun mereka tidak menunjukkannya, mereka sering secara diam-diam  menikmati kegagalanmu. Tangani kesalahanmu dengan anggun! Kamu dapat selalu mengingatkan mereka bahwa membuat kesalahan adalah bagian dari pembelajaran hidup. Jika kamu tidak kesal, mereka tidak mendapatkan kenikmatan yang mereka pikir akan dapatkan.

 

  1. MEREKA BERGOSIP DI BELAKANGMU

Orang yang iri akan selalu menemukan cara untuk berbicara tentangmu dibelakangmu. Ini tidak lucu, dan hal yang mereka katakana dapat jahat dan menyakitkan. Cara terbaik untuk mengatasi orang yang melakukan ini mungkin dengan melawannya secara langsung.

How To Tell If Someone Is Jealous Of You | EverydayKnow.com

Seperti dikatakan Jams Clear, “kenegatifan dari orang lain seperti tembok. Dan jika kamu fokus terhadap hal itu, maka kamu akan berlari menuju itu. Kamu akan terhalang oleh perasaan negatif, kemarahan, dan meraguskan diri. Pikiranmu akan pergi kemana perhatianmu terfokus. Kritik negatif tidak akan mencegahmu dalam meraih tujuan akhir, tapi mereka pasti dapat mengganggumu dari itu.”

Sejak orang iri cenderung tidak konfrontatif secara lahiriah, berbicara dengan mereka secara serius tentang apa yang mereka lakukan mungkin cukup untuk membuat mereka memikirkan kembali perilaku mereka, atau membuatnya berhenti sepenuhnya.

 

  1. MEREKA MEMBENCIMU

Jika ada seseorang yang kamu kenal membencimu tanpa alasan yang masuk akal, mereka mungkin iri kepada anda. Yang ini sulit dihadapi, karena kita sering tidak suka dibenci tanpa alasan. Kamu mungkin merasakan keinginan untuk menunjukkan kepada orang ini bahwa kamu sepenuhnya menyenangkan. Tapi, mungkin tidak ada yang bisa dilakukan untuk itu. Jika kamu tidak dapat memikat mereka agar menyukaimu, mungkin yang terbaik adalah membuangnya dari hidupmu. Kamu tidak perlu kenegatifan dan mereka cenderung suka berusaha untuk membencimu tanpa alasan. Cara terbaik untuk memperbaikinya adalah dengan merelakannya.

 

KESIMPULAN

Berhadapan dengan iri hati orang lain dapat menjadi situasi yang menyulitkan. Kamu mungkin merasa ingin memberitahu mereka. Tapi, berhadapan dengan orang yang iri hati dalam konfrontasi tidak langsung dan cara positif adalah jauh lebih baik untuk kalian berdua. Mereka mungkin merasa rendah diri sehingga mereka butuh berusaha lebih dan menjadi kesal ketika mereka tidak dapat memperbaiki atau menghadapi rasa iri mereka. Mengetahui tanda orang yang iri akan membuat kita lebih mudah untuk memperbaiki dan menangani secara positif dan positif.

Yane Pranata

Tidak ada komentar