8 Trik Pikiran Yang Memberikan Hasil Seketika


“Belajar tidak pernah melelahkan pikiran”—Leonardo da Vinci

Saya punya banyak kelemahan. Saya susah payah untuk terlibat dalam obrolan. Harus menghubungi seseorang memicu resistensi yang kuat di otak saya, jadi saya menghindari telepon dan menggunakan email sebagai gantinya.

Tapi saya juga punya beberapa kelebihan.

Seperti, saya bisa mengingat dialog film favorit saya dari 20 tahun yang lalu.

Saya bagus dalam hal angka. Sebagai contoh, saya menghafal bahwa suatu perjalanan butuh tepat 43 menit, bukan 45 menit. Saya tepat dalam cara yang obsesif kadang-kadang, yang membuat istri saya marah.

Untuk mengatasi kelemahan saya dan mengumpulkan kekuatan yang luar biasa baru, saya pada pencarian tidak pernah berakhir untuk hacks otak. Jenis trik pikiran yang memberikan hasil yang cepat dengan usaha yang terbatas.

Secara keseluruhan, saya belum terlalu efektif. Saya kebanyakan belajar melalui coba-coba dan gagal, dalam hubungan saya dan di tempat kerja. Dan percayalah, saya punya sedikit saja.

Kadang-kadang, saya akan membaca buku yang mengubah perspektif saya pada kehidupan. “Mindset: The New Psychology of Success” dari Carol Dweck, “Who Move My Cheese” dari Spencer Johnson, dan “What the CEO Wants You To Know” dari Ram Charan terpikirkan oleh saya.

Enam bulan yang lalu, saya pindah gigi dan mulai rakus membaca. Saya membaca dan membalik-balik 30 buku dalam satu bulan. Saat saya bilang saya bisa obsesif, saya serius.

Rakus membaca bisa menyakitkan dan saya tidak merekomendasikannya. Saya pikir kepala saya akan meledak. Karena otak saya tidak bisa mengambil semua informasi dalam satu waktu, saya menuliskan banyak catatan.

Berdasarkan pengalaman, saya senang melaporkan bahwa saya selamat. Kepala saya tidak meledak. Bahkan, itu perjalanan yang berguna dan saya telah menemukan banyak trik otak.

Sesuatu dalam diri saya berdetak. Sejak itu, saya terus membaca, lapar akan tips dan wawasan ke dalam hidup kita. Saya berusaha menjadi orang yang lebih baik.

Inilah apa yang saya kumpulkan melalui pencarian saya. Izinkan saya berbagi 8 Trik Pikiran yang Memberikan Hasil Seketika.

1. Menjadi mesin ide.

“Become an Idea Machine” oleh Claudia dan James Altucher adalah salah satu buku pertama yang saya baca selama bulan rakus membaca. Buku ini mengajarkan rutinitas sehari-hari yang sederhana, tapi hasilnya cukup luar biasa. Buku ini benar-benar mengubah pola pikir saya.

Awalnya saya menyadari bahwa saya bisa menjadi kreatif dan memunculkan ide-ide orisinal. Ketika saya menetapkan pikiran saya untuk itu, saya bisa menghasilkan solusi untuk banyak masalah yang saya hadapi. Dan kemudian, saya jadi mampu menghasilkan banyak ide seketika.

Bahkan, saya melakukan latihan 10 ide sehari saya beberapa menit yang lalu dan bisa memunculkan 10 ide dalam waktu sekitar 2 menit. Ini tidak terjadi setiap hari, tapi saya biasanya cepat memunculkan ide.

Mengapa kamu tidak mulai melakukannya hari ini? Munculkan 10 ide tentang topik apa pun pilihan kamu setiap hari. Dan jika kamu ingin lebih banyak inspirasi dan daftar topik untuk kamu mulai, kamu selalu bisa mendapatkan bukunya.

2. Bersikap tegas

Setiap kali saya harus membuat keputusan, saya bertanya pada diri sendiri pertanyaan ini: Apakah ini mendekatkan saya atau menjauhkan saya dari tujuan saya?

Menjawab pertanyaan tunggal ini membuat saya jauh lebih fokus melakukan apa yang penting. Ini langsung menempatkan hidup saya ke dalam perspektif. Ini memungkinkan saya membereskan kekacauan hidup saya.

Prinsip ini sederhana, tapi dampaknya nyata.

Langkah kecil yang konsisten dalam arah yang sama akan menciptakan momentum. Dan momentum akan menimbulkan perubahan besar dari waktu ke waktu. Ini akan membuat kamu tak terelakkan lagi mencapai tujuan kamu.

Ini mengasumsikan kamu sudah menetapkan tujuan kamu. Jika belum, apa yang kamu tunggu?

3. Manfaatkan prinsip Pareto

Prinsip Pareto menyatakan bahwa kamu mendapatkan 80% hasil dari 20% pekerjaan kamu. Itu berarti kamu benar-benar bisa merekayasa kembali kehidupan dan kegiatan kamu jika kamu mengikuti prinsip ini.

Prinsip ini telah dipopulerkan dalam beberapa buku.

Dua buku yang paling menonjol: “The One Thing” oleh Gary Keller dan “Essentialism” oleh Greg McKeown. Mereka melatih kamu untuk mengekstrak esensi dari hidup kamu, apa yang paling penting bagi kamu. Dan kemudian fokus pada hal-hal itu.

Menemukan 20% kegiatan yang harus saya fokuskan telah mengeluarkan banyak tekanan dan stres dari hidup saya. Ini memberi saya fokus. Saya tidak perlu mondar-mandir lagi seperti ayam tanpa kepala.

Sederhana, tapi ampuh.

4. Mulailah dengan mengapa

Kebanyakan orang punya tujuan. Tapi sayangnya, sering kali mereka tidak punya alasan untuk mencapai tujuan mereka. Atau setidaknya tidak cukup kuat.

Hal ini biasanya berujung orang-orang menyerah sebelum sampai di garis finish.

Penawar untuk tidak mencapai tujuan kamu adalah dengan memiliki alasan. Itu artinya memulai dengan mengapa.

Sebagai gambaran, katakanlah tujuan kamu adalah menurunkan berat badan. Untuk menemukan alasan kamu untuk menurunkan berat badan, pertanyaan yang harus kamu tanyakan pada diri sendiri adalah: Mengapa kamu ingin menurunkan berat badan? Dan jawabannya mungkin: Untuk lebih bugar.

Kemudian kamu harus menggali lebih dalam sampai kamu menemukan alasan mendasar untuk menurunkan berat badan.

Itu artinya bertanya: Mengapa kamu ingin menjadi lebih bugar? Bisa jadi untuk meningkatkan kesempatan kamu untuk menemukan pasangan. Atau karena itu membahayakan kesehatan kamu.

Mengajukan pertanyaan “mengapa” secara sistematis akan membawa kamu pada alasan kamu. Dalam contoh di atas, alasan mendasar kamu akhirnya bisa jadi: agar hidup lebih lama, atau agar lebih bahagia dalam hubungan yang sehat.

Memiliki alasan yang kuat memberi saya banyak sekali motivasi untuk mengejar tujuan saya dan membuat setiap tujuan menjadi lebih bermakna. Ini juga menyaring tujuan yang “lemah”, yang akan saya hentikan saja. Inilah cara lain untuk membereskan kekacauan.

Trik otak ini berasal dari “6 Months to 6 Figures” oleh Peter Voogd, “Start with Why” oleh Simon Sinek dan “Thinkertoys” oleh Michael Michalko.

5. Fokus pada solusi, bukan masalah

Winston Churchill mengatakan: Orang pesimistis melihat kesulitan dalam setiap kesempatan. Orang optimistis melihat kesempatan dalam setiap kesulitan. Terjemahan sedikit berbeda dari kutipan tersebut: Fokus pada solusi, bukan masalah.

Inilah perubahan lain dalam perspektif, sederhana tapi sangat efektif. Begitu saya mulai melihat dunia dengan pola pikir yang fokus pada solusi, saya menjadi yakin bahwa saya bisa keluar dari masalah apa pun.

Jadi saya mendorong kalian untuk secara sistematis membalik koin dari masalah ke solusi setiap kali kamu menghadapi kesulitan.

Dan jika kamu susah payah menemukan solusi, ingat kutipan ini dari Thomas Edison: Ketika kamu telah kehabisan semua kemungkinan, ingat ini: kamu belum kehabisan.

Trik ini tidak berasal dari satu buku khusus tapi diulang-ulang dalam beberapa buku.

6. Lepaskan apa yang tidak bisa kamu kendalikan

Salah satu prinsip kesuksesan menyatakan: Ambil tanggung jawab 100% untuk kehidupan kamu. Meskipun yang terakhir berlaku, trik turunan yang saya pelajari adalah melepaskan apa yang tidak bisa saya kendalikan, bukannya terobsesi dengan hal itu dan mulai khawatir.

Melepaskan telah mengangkat beban berat dari pundak saya. Dan itu memberi saya lebih banyak energi untuk fokus pada apa yang bisa saya kendalikan.

Mengapa kamu tidak mencobanya?

7. Kekuatan kebiasaan

Kebiasaan itu sederhana dan ampuh. Menciptakan sebuah kebiasaan baru butuh usaha dan biasanya butuh waktu 30 hari.

Tapi begitu sudah terbiasa, itu mengubah karakter kamu. Kamu menjadi orang yang berbeda.

Kebiasaan tidak butuh banyak usaha untuk mempertahankannya, mereka kebanyakan sudah “otomatis”. Mereka ada di alam bawah sadar kamu. Itu berarti kamu bisa membangun sebuah kebiasaan baru di atas kebiasaan sebelumnya dan secara progresif meningkatkan standar kamu dan apa yang bisa kamu capai.

Ini konsep yang ampuh. Memahami hal ini berarti kamu benar-benar bisa membangun sesuatu yang besar.

Kebiasaan telah berguna besar bagi saya. Mereka bukan semata-mata trik instan, tapi tetap memberikan hasil yang sangat cepat. Dan … kebiasaan mendefinisikan diri kamu.

Kebiasaan dieksplorasi secara rinci dalam “The Power of Habit” oleh Charles Duhigg.

8. Manfaatkan kebiasaan lebih jauh: Keajaiban pagi

Manfaatkan kebiasaan lebih jauh, saya mulai membaca buku Hal Elrod “Miracle Morning” beberapa bulan yang lalu. Keajaiban Pagi adalah ritual sehari-hari yang terdiri dari membangun beberapa kebiasaan dalam sekali langkah. Dengan begitu, ini konsep yang lebih menuntut daripada menciptakan kebiasaan tunggal.

Pada dasarnya, 6 kebiasaan disatukan bersama dalam ritual pagi ini: Meditasi, Afirmasi, Visualisasi, Olahraga, Membaca, dan Menulis. Setiap kebiasaan yang kamu bangun menghasilkan perubahan nyata dalam kehidupan kamu dan cara kamu melihat dunia. Mungkin terdengar berlebihan, dan saya skeptis pada awalnya, tapi saya telah melihat hasilnya, jadi saya bisa menjamin.

Beberapa penelitian telah menunjukkan manfaat meditasi, membaca, menulis, dan berolahraga dalam kehidupan kita. Mereka tidak perlu dibuktikan lagi.

Melalui afirmasi, saya telah mengalami perubahan nyata dalam pola pikir saya. Kepercayaan diri saya telah meningkat. Dan keyakinan saya pada apa yang bisa saya capai telah berubah.

Saya akan mengakui bahwa visualisasi belum efektif bagi saya, tapi manfaatnya berbeda untuk masing-masing orang.

Saya melakukan Keajaiban Pagi setiap hari kerja dan versi ringannya pada hari Sabtu. Ini komitmen yang lebih menuntut daripada trik otak lain, tapi manfaatnya sebanding dengan investasinya.

Melalui lensa wawasan baru, kamu bisa mengeksplorasi kembali kehidupan kamu dan persepsi kamu atasnya. Sering kali kamu akan menemukan kembali kebenaran suatu ide di kemudian hari.

Trik otak juga bersifat pribadi. Pengalaman kamu dengan trik di atas akan berbeda dengan pengalaman saya. Tapi karena kita merasakan dunia melalui otak kita, setiap perubahan persepsi bisa mengakibatkan perubahan besar.

Saya harap daftar ini akan menginspirasi kamu untuk mengubah hidup kamu menjadi lebih baik. Daftar ini tentu sudah mengubah hidup saya, dalam waktu singkat. Dan perjalanan terus berlanjut. (Antoine Ribordy)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *