Ceriwis

Akibat Pemadaman Listrik Secara Massal, KA Bandara Soetta Memberhentikan Pelayanannya

Situasi di stasiun bandara Sudirman Baru-Soetta yang tampak sepi pada Rabu (8/8/2018)
Ceriwis – Perjalanan Kereta (KA) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) terdampak gangguan listrik massal yang terjadi di Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Layanan KA Bandara harus berhenti sementara karena pasokan listrik PT PLN mati.
PT Railink selaku operator KA Bandara Soetta menyarankan pengguna menggunakan moda transportasi alternatif.
“Railink juga mengimbau para pengguna di dalam kereta untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari petugas terutama yang berada di dalam kereta,” kata Humas Railink, Diah Suryandari dalam keterangan tertulisnya, Minggu (4/8).
Menteri Perhubungan meninjau KA Bandara
Railink juga menerima refund bagi para pengguna yang masih berada di area stasiun KA Bandara. Lanjut Diah, saat ini seluruh channel penjualan tiket baik online maupun vending machine di stasiun juga tidak melayani penjualan tiket. Layanan akan dibuka kembali bila pasokan listrik sudah kembali normal.
“Para pengguna selanjutnya kami sarankan untuk dapat menggunakan moda transportasi alternatif yang tidak terdampak pemadaman listrik ini,” tuturnya.
Update PLN: Ada Gangguan Transmisi Ungaran – Pemalang 500 kV
PT PLN (Persero) memohon maaf atas pemadaman yang terjadi akibat gangguan yang terjadi pada sisi transmisi Ungaran dan Pemalang 500 kV, yang mengakibatkan transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan dan diikuti trip seluruh pembangkit di sisi tengah dan barat Jawa.
Gangguan ini mengakibatkan aliran listrik di Jakarta, Banten, sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah mengalami pemadaman.
“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan,” kata Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka.

Andika Gumilang