Ceriwis

Akibat Perang Lisensi Antara PES dan FIFA, Juventus Ditiadakan di Game FIFA 2020

Ronaldo pada pertandingan antara Juventus dan Lazio.

Ceriwis – Persaingan seru terjadi antara dua game sepak bola favorit, Pro Evolution Soccer (PES) dan FIFA. PES tampaknya tidak mau menyerah begitu saja dalam ‘perang lisensi’ dengan FIFA.

Konami, selaku pengembang game PES, baru saja mengumumkan kerja sama eksklusif dengan klub jawara Italia, Juventus. Berbeda dengan kesepakatan dengan Manchester United sebelumnya, ternyata kerja sama antara PES 2020 dengan Juventus ini termasuk hak penggunaan nama klub, logo, dan jersey.

Dengan begitu, Juventus tidak akan hadir di game FIFA 20, setidaknya bukan dengan nama dan logo aslinya. Nama tim Juventus akan berganti menjadi Piemonte Calcio di FIFA 20, dengan logo dan jersey bikinan. Namun, untuk susunan pemain di dalamnya tetap sama tidak ada perubahan.

Cristiano Ronaldo masih tetap ada di Juventus dengan nama asli. Jadi, untuk pemain tidak akan terpengaruh oleh adanya kontrak Juventus dengan PES ini.

Jadi bagi para penggemar Juventus, kalian hanya bisa memainkan klub favorit di game PES 2020 saja apabila ingin melihatnya dengan logo dan jersey lengkap.

Dalam situs resminya, EA selaku penerbit game FIFA 20 juga sudah mengumumkan berakhirnya kerja sama antara mereka dengan Juventus pada 30 Juni lalu.

Ini menjadi pukulan bagi FIFA 20 yang kehilangan lisensi klub terbaik di Italia saat ini. Apalagi, Cristiano Ronaldo yang merupakan salah satu pemain terbaik dunia juga berada di Juventus dan menjadi bintang sampul game pada seri FIFA 19.

Biasanya, kita melihat klub dengan nama buatan di seri game PES, karena Konami tidak memegang lisensi liga besar seperti Liga Inggris. Tapi, tampaknya kali ini kita akan melihat hal yang sama di FIFA 20, walau hanya untuk Juventus saja.

Juventus di laga terakhir musim 2018/19.

Sebelumnya, PES semakin tertinggal dalam urusan lisensi dengan FIFA ketika mereka kehilangan lisensi Liga Champions. Kini, FIFA telah menjadi pemegang sah lisensi Liga Champions dan turnamen antar klub prestisius di Eropa itu akan kembali hadir di FIFA 20.

Game PES 2020 akan dirilis pada 10 September mendatang, sedangkan FIFA 20 meluncur pada 27 September.

Game Pro Evolution Soccer (PES) 2020.

Melanie Putri