Ceriwis

Akses Internet di Mimika dan Jayawijaya, Telah Diblokir Oleh Kominfo

Warga melakukan aksi dengan pengawalan prajurut TNI di Bundaran Timika Indah, Mimika, Papua.
Ceriwis – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akhirnya membuka akses internet di dua Kabupaten di Papua mulai Selasa (10/9) malam. Dua Kabupaten tersebut adalah Mimika dan Jayawijaya.
Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu, mengatakan Kabupaten Mimika dan Jayawijaya dinilai sudah dalam situasi kondusif. Oleh karena itu, pemerintah memutuskan untuk membuka akses internet di dua wilayah tersebut.
“Sehubungan dengan situasi dan kondisi keamanan di wilayah Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Mimika di Provinsi Papua yang sudah kondusif, Pemerintah kembali membuka blokir atas layanan data internet di kedua kabupaten tersebut, terhitung mulai Selasa (10/9) Pukul 21.00 WIT atau 19.00 WIB,” jelasnya, dalam siaran pers yang diterima Ceriwis, Selasa (10/9).
Fedinandus Setu, Plt. Kepala Biro Humas Kominfo
Selanjutnya pria yang akrab disapa Nando ini mengatakan masih ada 4 wilayah yang belum dibuka blokir internet-nya di dua Provinsi Papua dan Papua Barat. Dua kabupaten/kota di Provinsi Papua yang masih diblokir akses internet terletak di kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.
Kemudian, dua kota di Papua Barat yakni Manokwari dan Sorong. Kominfo menganggap keempat wilayah tersebut masih belum sepenuhnya kondusif, sehingga tidak memungkinkan untuk dibuka akses internet dan masih harus terus dipantau situasinya dalam satu atau dua hari ke depan.
Kominfo sejak Rabu, 4 September, telah membuka blokir akses internet seluler di Papua dan Papua Barat secara bertahap. Pemblokiran sendiri telah berlangsung sejak 21 Agustus 2019.
Ilustrasi tiang-tiang BTS dekat pemukiman.
Langkah tersebut diambil sebagai tindakan pencegahan penyebaran konten-konten provokatif. Ini adalah buntut kerusuhan yang pecah di sejumlah titik di Papua dan Papua Barat pada 19 Agustus 2019.
Kini, dari 29 kabupaten/kota di wilayah Papua, sebanyak 27 kabupaten yang sudah dibuka kembali blokir atas layanan data internet yakni: Kabupaten Keerom, Puncak Jaya, Puncak, Asmat, Boven Digoel, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Intan Jaya, Yalimo, Lanny Jaya, Mappi, Tolikara, Nduga, Supiori, Waropen, Merauke, Biak Numfor, Yapen, Sarmi, Paniai, Dogiyai, Deiyai, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Nabire, Jayawijaya, dan Mimika.
Sementara dari 13 kabupaten/kota di wilayah Provinsi Papua Barat, ada 11 kabupaten yang sudah dibuka akses layanan data internet meliputi Kabupaten Fak Fak, Sorong Selatan, Raja Ampat, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, Tambrauw, Maybrat, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, dan Kabupaten Sorong.

Richard Samuel