Aneh tapi Nyata! 5 Hal ini Memang Akrab dengan Keseharian, tapi Jarang Diketahui Apa Fungsi Aslinya

fungsi tersembunyi benda

fungsi tersembunyi benda

Source : brightside.me

Pernah enggak terlintas di benak Kawan Muda, kenapa sih donat bentuknya bolong di tengah? Oke, mungkin terkesan kurang kerjaan atau enggak penting banget ya mencari tahu di Google “kenapa donat bolong di tengah”. Namun kalau dipikir-pikir, sesuatu enggak mungkin diciptakan tanpa alasan yang jelas bukan? Begitu juga dengan keberadaan lubang di bagian tengah donat!

Nah, kali ini Kita Muda telah menghimpun fungsi dari benda sehari-hari yang selama ini enggak pernah terpikirkan oleh kita. Sebagian dari kamu mungkin menganggapnya sebagai hiasan saja atau kamu mungkin beranggapan benda tersebut memang sudah didesain seperti itu. Padahal aslinya, hal-hal yang luput dari perhatian kita itu memiliki fungsi yang cukup penting.  Daripada penasaran, langsung saja yuk kita simak ulasannya berikut ini.

1. Stiker angka pada buah yang dijual di supermarket

fungsi tersembunyi benda
via: brightside.me

Pernah lihat atau pernah beli buah impor yang ada di supermarket, kan? Kamu pasti menjumpai stiker logo atau deret angka tertentu yang ditempel di badan buah. Hemm, sebenarnya ini nomor apaan sih? Ternyata oh ternyata, stiker ini berisi informasi penting tentang buah impor tersebut.

Yup, kalau ada empat angka yang tertera pada stiker dan diawali angka 3 atau 4, ini tandanya buah tersebut disemprot dengan pestisida. Kalau ada lima digit angka dan diawali angka 8, buah tersebut telah mengalami modifikasi genetika (biasanya pada buah melon, pisang, dan pepaya). Kalau kamu melihat lima digit angka tapi diawali angka 9, buah tersebut merupakan produk organik.

2. Lubang di bagian tengah donat

fungsi tersembunyi benda
via: brightside.me

Kalau menyebut kata “donat”, yang kebayang ya bentuknya seperti cincin yang memiliki lubang di tengahnya (ehm, meskipun sekarang ada donat yang enggak berlubang juga sih). Iya enggak? Hemm, kenapa ya donat harus bolong di tengahnya? Apa memang sengaja dibuat begitu biar khas dan beda dari yang lain? Eits, jangan salah, lubang di tengah donat ini ternyata bukan hiasan semata, lho!

Yup, pembuatan lubang di bagian tengah donat bertujuan untuk memaksimalkan proses pemasakan. Ini agar bagian tengah dan pinggir kue punya tingkat kematangan yang sama. Ya, zaman dahulu kan teknologi masak-memasak belum semaju sekarang ini. Itulah sebabnya Hanson Gregory, si pencipta donat dengan lubang, membuat lubang di adonan kue gorengnya agar mereka tidak berminyak dan lembek tengahnya.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 50.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 50.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *