Ceriwis

Aplikasi Steam Tak Akan Bisa Lagi di Install di Ubuntu

Ceriwis – Apakah kamu pengguna Ubuntu yang punya platfrom Steam? Jika iya maka kamu sebaiknya berpikir untuk mengganti sistem operasi. Valve mengumumkan Steam tidak merilis update  aplikasinya di Ubuntu 19.10 dan ke depanya.

Hal tersebut juga berlaku untuk segala Ubuntu yang berbasis Linux.

Dilansir How to Geek, tapi buat pengguna Ubuntu jangan sedih dulu. Ya, Ubuntu sudah berencana membuat package yang kompatibel dengan 32-bit untuk Ubuntu 19.10 dan 20.04 LT. Artinya, kemungkinan Steam bisa di install di Ubuntu 19.10.

Hal ini terjadi karena Ubuntu akan mengeluarkan 32-bit packages dan libraries untuk Ubuntu 19.10. Package ini cocok untuk software 32-bit untuk dijalankan di Ubuntu dengan versi 64-bit.

Sedangkan beberapa aplikasi Linux tidak akan memiliki masalah, hal ini merupakan masalah bagi perusahaan Valve sendiri.

Banyak game untuk Linux yang masih berformat 32-bit. Meskipun bisa menggunakan distribusi Linux 64-bit, masih harus menggunakan format libraries 32-bit.

Salah seorang dari pihak Valve, yaitu Pierre-Loup Griffais memberi tweet bahwa mulai sejak Ubuntu 19.10, Valve secara resmi tidak memberikan support untuk Ubuntu versi 19.10 dan versi yang akan mendatang. Namun, mereka akan mendistribusikan ke versi Linux yang lainya.

Namun, ada berita baik jika masih menggunakan instalasi Ubuntu 19.04 ‘Disco Dingo’ atau Ubuntu 18.04 LTS ‘Bionic Beaver’ kamu masih bisa menggunakan Steam hingga masa mendatang.

Clara Marissa

Tidak ada komentar