PDA

View Full Version : JUAL Ribet Makan Bandeng Berduri? Kini Ada BATARI (Bandeng Tanpa Duri) Sidoarjo


SnackPedas
23rd October 2012, 09:20 AM
BATARI (Bandeng Tanpa Duri), salah satu hasil tambak ikan khas Sidoarjo. Anda tidak perlu repot mencabuti satu per satu duri bandeng dengan jumlah yang bisa mencapai 200-an duri. Siapkan bumbu goreng atau bakar, lalu rendam atau olesin, dan digoreng atau dibakar.



Adalah Totok Budiarto yang sejak 5 bulan lalu mulai membuka usaha penjualan Bandeng Tanpa Duri (BATARI). Apa yang membuat seorang karyawan sebuah perusahaan ini tertarik masuk dalam bisnis Batari?



"Saya tertarik bisnis ini dengan didasari bahwa banyak masyarakat kita yang sebetulnya suka sekali makan ikan terutama ikan bandeng, ini kita bisa kita amati saat kita berbelanja di pasar ikan Sidoarjo," katanya.



Menurut Totok, kalau ikan tsb diolah dalam bentuk masakan, tentu rasa khas ikan bandeng tersebut akan berbeda dengan rasa aslinya ditambah lagi dengan resiko tertelan duri mengingat duri ikan bandeng sangat banyak.



Memang untuk mengatasi masalah duri, banyak cara yang dilakukan misalnya dengan dipresto (duri lunak) atau diotak-otak, tapi apakah rasa aslinya masih terasa? "Dari sini saya berpikir bagaimana orang bisa makan ikan bandeng dengan rasa khasnya tanpa terganggu tertelan duri?" lanjutnya.



Untuk saat ini pangsa pasarnya hanya sebatas untuk pasar lokal Sidoarjo, tapi kalau keluar Sidoarjo dengan perjalanan darat, ia hanya bisa menjamin 5-7 jam (dengan kemasan khusus).



Untuk tingkat kesulitan mencabut duri, di saat awal memilih ikan bandeng di pasar, ada bandeng yang durinya susah dicabut, ada yang mudah, "Kita bisa tahu dari kenyalnya daging ikan saat kita pegang," katanya.



Struktur duri bandeng terdiri dari: a) duri besar: posisi tepat di tengah dari kepala sampai ekor, termasuk pula duri dinding perut; b) duri punggung letaknya mulai kepala sampai ekor; c) duri antara daging punggung dan daging rongga perut; d) duri bagian bawah letaknya diatas sirip bawah; e) duri sirip atas dan sirip bawah.



Apa sih manfaat dan nilai gizi dari ikan bandeng itu? Menurut Totok, manfaat ikan bandeng: a) Daging ikan bandeng mengandung protein dan vitamin; b) Kepala dan mata ikan bandeng mengandung Valusa Clarida berfungsi mengontrol aliran darah; c) Lemak ikan bandeng mengandung Ekosa Pentaenoic Acid (EPA) berfungsi mencegah penyempitan pembuluh darah dan cepat menurunkan kolesterol; d) Duri ikan bandeng mengandung Kalsium dan Kolagen e)Kulit dan sisik ikan bandeng mengandung vitamin A dan B2.@ (KoranSuroboyo.Com)




http://u.kaskus.co.id/4/vwq7xchg.jpg

:2good::2good::2good::2good:

Tertarik dan Berminat?:maho:maho:maho

Hubungi: 081332796388.:ngebut::ngebut:

:melonndan::melonndan::melonndan::melonndan::melon ndan: :melonndan::melonndan:
:shakehand:Harga Bisa Nego!:shakehand:


</div>