Int’l Accounting Standards Body Defines Bitcoin as ‘Intangible Asset’

Ceriwis – Komite Interpretasi Pelaporan Keuangan Internasional (IFRIC) telah memutuskan bahwa cryptocurrency, termasuk Bitcoin (BTC), bukan merupakan aset keuangan atau alat pembayaran yang sah.

The Korea Times melaporkan perkembangan pada 23 September, mengutip pengarahan Institut Akuntansi Korea sehubungan dengan pertemuan IFRIC yang diadakan di London Juni ini.

Cryptocurrency bukan aset keuangan atau mata uang

Menurut laporan itu, IFRIC telah memutuskan bahwa cryptocurrency adalah “bukan uang tunai atau instrumen ekuitas dari entitas lain,” melainkan “aset tidak berwujud” – didefinisikan sebagai “aset non-moneter yang dapat diidentifikasi tanpa substansi fisik.”

Dalam definisi IFRIC, suatu aset dapat diidentifikasi jika dipisahkan atau timbul dari hak kontraktual atau hukum lainnya. “Dapat dipisahkan” di sini mengacu pada aset yaitu:

“Mampu dipisahkan atau dibagi dari entitas dan dijual, ditransfer, dilisensikan, disewa atau ditukar, baik secara individu atau bersama-sama dengan kontrak terkait, aset atau liabilitas yang dapat diidentifikasi.”

IFRIC adalah organisasi internasional nirlaba yang mengembangkan satu set standar akuntansi, yang wajib di lebih dari 140 yurisdiksi. Banyak yurisdiksi lain di luar ini yang mengizinkan penggunaannya secara global.

Seperti yang dicatat oleh Korea Times, posisi IFRIC mengenai cryptocurrency akan memungkinkan pemerintah untuk menetapkan dasar hukum perpajakan dan bisnis untuk membuat kerangka kerja untuk akuntansi perusahaan.

Laporan lebih lanjut berpendapat, bahwa posisi tersebut merupakan kemunduran terkait status atau pengakuan prospektif cryptocurrency sebagai mata uang.

Sikap Korea Selatan yang berkembang menuju perpajakan crypto

Awal tahun ini, Han Seung-hee – komisaris Layanan Pajak Nasional Korea – mengatakan kepada wartawan bahwa ia berencana untuk mengenakan pajak atas penggunaan Bitcoin sebagai tanggapan terhadap volume perdagangan yang melonjak.

Dia menambahkan bahwa dia sedang melihat sejumlah cara berbeda untuk memupuk hubungan BTC dengan pajak capital gain yang ada, pajak pertambahan nilai, dan struktur pajak hadiah.