Ceriwis
stop overthinking

Bagaimana Cara Melatih Otakmu Untuk Berhenti Berpikir Terlalu Keras

stop overthinking

Berpikir keras mungkin merupakan sesuatu yang kamu ingin otakmu berhenti melakukannya, terutama jika ini menimbulkan masalah untukmu. Sebagai contoh, apakah berpikir terlalu keras mengarahkan pada mood jelek atau meningkatkan tingkat kecemasanmu?apakah ini menghentikanmu dari melakukan hal yang kamu butuhkan untuk dikerjakan? Apakah kamu menunda untuk membuat keputusan karena kamu ingin benar-benar berpikir tentang kemungkinan terbaik? Overthinking bisa memberikan konsekuensi negatif untuk kamu yang memiliki kecemasan kronis. fokus pada masa depan yang belum jelas akan membuat kita cemas ketika kita merasa kita kurang memiliki kendali. Overthinking bisa menahan kita dari menikmati momen saat ini. Mari kita mengeksplorasi cara untuk melatih otakmu untuk berhenti berpikir terlalu keras dan mulai untuk mengapresiasi apa yang tersedia saat ini untuk kita.

Peneliti dari University of California di Santa Barbara memperlihatkan gambar dari Kaleidoskop berwarna untuk mempelajari partisipan dan mengetes kemampuan mereka untuk mengingat jika mereka telah melihat gambar tersebut sebelumnya. Partisipan yang mengambil tebakan terbaiknya dalam tes memori melakukan lebih baik daripada mereka yang menghabiskan waktu untuk mengingat warna dan motif. Para pemikir keras fokus pada kekuatan otak mereka untuk mereka ulang informasi visual yang telah mereka lihat lebih buruk daripada mereka yang tidak fokus untuk memperhatikan detail.

Para peneliti mengatakan dalam studi ini ‘mengapa fokus memperhatikan bisa mendistraksi dan mempengaruhi hasil performa.’ Wilayah dalam otak prefrontal cortex kita yang aktif ketika kita memperhatikan adalah dorsoteral area. Partisipan dengan stimulasi prefrontal cortex lebih sedikit selama tes berlangsung mengingat gambar dengan lebih baik. Dengan kata lain, memberi perhatian lebih terhadap detail justru mengurangi kemampuan mereka mengingat apa yang mereka lihat.

MELATIH OTAKMU UNTUK BERHENTI BERPIKIR TERLALU KERAS DAN MELIHAT GAMBARAN YANG LEBIH BESAR

Penelitian memperlihatkan bahwa pendekatan secara menyeluruh lebih baik dari pada mereka ulang, gambaran rumit. Untuk melatih otakmu untuk memproses informasi seperti ini, cobalah untuk berimajinasi untuk melihat gambar secara keseluruhan sekaligus, seperti ketika otakmu mengambil foto dan melihat semua potongan informasi sekaligus.

Kamu bisa mempraktekkan berpikir lebih lambat dengan menemukan buku bergambar dan melihat sebuah gambar selama 5 detik. Tutup buku dan mereka ulang semua yang kamu lihat. Dengan waktu yang pendek mencegah otakmu berpikir terlalu keras, tetapi kamu akan terkejut dengan seberapa banyak yang bisa kamu lihat kembali. Cobalah ini berulang kali sampai kamu merasa percaya diri dengan kemampuan otakmu untuk memproses informasi secara cepat.

MELATIH OTAKMU UNTUK LEBIH NYAMAN DENGAN KETIDAKPASTIAN

Ini adalah hal yang bisa kamu tahu, dan mungkin tidak akan kamu tahu. Pemikir keras telah dilatih untuk fokus dalam ketidakpastian karena mereka berusaha untuk menyelesaikannya. Untuk seorang pemikir keras, otak mereka seperti itu untuk 2 tahun secara konstan mencari jawaban. Walaupun beberapa pertanyaan bisa di jawab, pemikir keras akan lebih lebih sulit menemukan jawabannya.

Atau paling tidak mereka berpikir itu tidak bisa di jawab, contohnya,” apa yang mereka maksud ketika mereka mengatakan bahwa hal tersebut” bisa dijawab dengan bertanya kepada orang untuk klarifikasi maksud perkataan mereka. “Aku berpikir apa yang mereka pikirkan tentang aku?” adalah sebuah jawaban yang bisa di jawab dengan bertanya dengan orang tersebut. Entah mencari jawaban pada pertanyaan bahwa kamu pemikir keras, atau mengatakan pada otakmu bahwa kamu akan baik-baik saja tanpa mengetahui jawabannya.

Stop overthinking. Whatever happens, happens. Thinking quotes on PictureQuotes.com.

MELATIH OTAKMU UNTUK MENGOBSERVASI PEMIKIRAN NEGATIF DIRIMU SENDIRI

Pemikiran meta adalah berpikir tentang bagaimana kamu berpikir, yang membutuhkan beberapa observasi diri sendiri. Jika kamu membaca artikel ini dan khawatir akan kebiasaan mu berpikir keras, kamu telah sadar akan pola pemikiran tidak produktifmu. Orang yang mengalami tekanan dari berpikir keras biasanya mempunyai pemikiran negatif tentang diri mereka sendiri karena pikiran mereka sendiri.

Membiarkan pikiran negatif untuk muncul ketika menolak mereka merupakan bagian dari apa yang kita identifikasi dari teknik yang membantu pemikir keras. Peneliti di Journal Behavior Therapy menemukan bahwa mindfulness-based cognitive therapy (MBCT) membantu orang untuk lebih merasa percaya diri sendiri daripada ketika pemikiran negatif telah menguasai pikiran mereka sendiri. Orang yang melalui terapi MBCT lebih bebas stress terasosiasi dengan pemikiran mereka.

TEMUKAN HAL YANG BISA KAMU KONTROL

Kalau berpikir keras terjadi karena kamu ingin selalu mengontrol segala situasi, maka temukan satu aksi konkrit yang bisa membantumu untuk mempunyai sedikit control atas dirimu. Contoh, menulis semua permasalahan adalah sederhana dan ini membiarkan otakmu untuk berhenti mencoba memikirkan permasalahan tersebut. Lalu identifikasi satu hal lagi yang bisa kamu lakukan yang bisa menjadi langkah penentu dibuatnya keputusan. Untuk contohnya, melakukan panggilan telepon untuk mendapat informasi.

(89) Twitter

 

Yane Pranata