Deutsche Bank: ‘Aggressive’ Central Banks Making Bitcoin More Attractive

Ceriwis – Potensi penurunan suku bunga oleh bank sentral Amerika Serikat tampaknya merupakan salah satu alasan lonjakan bitcoin (BTC) baru-baru ini, kata eksekutif Deutsche Bank Jim Reid dalam sebuah wawancara dengan CNBC pada 26 Juni.

Reid, kepala strategi kredit fundamental global di Deutsche Bank, menyatakan:

“Jika bank sentral akan menjadi agresif ini, maka mata uang alternatif mulai menjadi sedikit lebih menarik.”

Reid mereferensikan pidato baru-baru ini oleh Ketua Fed Jerome Powell, yang mengatakan kemarin bahwa bank sentral sedang mempertimbangkan pemotongan suku bunga di tengah ketidakpastian ekonomi saat ini dan risiko inflasi. Dengan demikian, dolar AS (USD) turun terhadap mata uang fiat utama kemarin, mencatat level terendah tiga bulan terhadap euro (EUR), yang diduga dipicu oleh ekspektasi beberapa suku bunga menurun oleh Fed.

Sementara itu, bitcoin terus mencapai rekor 2019 baru di atas $ 12.000, sementara kapitalisasi pasarnya melonjak di atas $ 220 miliar dengan tingkat dominasi mencapai lebih dari 60% untuk pertama kalinya sejak April 2017, seperti dilaporkan sebelumnya hari ini.

Reid juga mencatat bahwa lonjakan harga kripto baru-baru ini sebagian disebabkan oleh proyek kripto Facebook yang akan datang Libra, yang laporan tertulisnya dirilis sebelumnya pada tanggal 18 Juni. Sejak itu, bitcoin telah meningkat lebih dari 30% dari sekitar $ 9.000 menjadi $ 12.616 pada saat pers, menurut ke data dari Coin360.

Dalam wawancara itu, Reid telah menegaskan kembali sikap negatifnya terhadap praktik pelonggaran oleh bank sentral setelah sebelumnya mengklaim bahwa sistem mata uang berbasis fiat yang ada tidak stabil dan mendekati akhirnya. Memberikan sambutannya kembali pada November 2017, setelah rekor tertinggi sepanjang masa bitcoin yaitu $ 20.000 pada bulan Desember 2017, Reid mengkritik pencetakan uang terus menerus oleh bank, memperingatkan bahwa ini dapat menyebabkan berakhirnya uang kertas.

Tetapi Amerika Serikat tidak sendirian. Dalam beberapa minggu terakhir, Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi juga mengisyaratkan pemotongan suku bunga baru.

“Tambahkan dalam Bitcoin Mei 2020 mengurangi separuh dan Anda memiliki badai yang sempurna,” tweeted pendiri Morgan Creek, Anthony Pompliano, “awal bulan ini.

“Memotong suku bunga.

Cetak uang.

Buat BTC lebih langka. “

Ironisnya, Deutsche Bank sendiri dapat disalahkan sebagian karena melemahnya ekonomi. Stok bank telah jatuh ke rekor terendah selama setahun terakhir.