Dutch Central Bank: World Will Need Gold if Entire System Collapses

Ceriwis – Uang Fiat akan menjadi lebih rendah daripada emas jika terjadi kehancuran total sistem keuangan dunia, kata salah satu bank sentral Eropa.

Emas akan menyelamatkan ekonomi dari “kehancuran”

Dalam komentar yang mengejutkan para kritikus fiat, Bank Sentral Belanda, yang dikenal sebagai De Nederlandse Bank (DNB), mengatakan emas akan sangat diperlukan jika terjadi krisis fiat.

Retweet di media sosial pada 13 Oktober, sebuah pernyataan dari situs web bank menggambarkan emas sebagai “jangkar kepercayaan untuk sistem keuangan.”

“Jika seluruh sistem runtuh, stok emas memberikan jaminan untuk memulai kembali. Emas memberi kepercayaan pada kekuatan neraca bank sentral. Itu memberi perasaan aman, ”lanjutnya.

Argumen suara

Meskipun diketahui bahwa bank-bank sentral telah mulai membeli emas sejak krisis keuangan tahun 2008, frasa DNB-lah yang terutama mendorong para pendukung Bitcoin (BTC).

Sebagai bentuk uang yang sehat dengan rasio stock-to-flow tertinggi dari setiap komoditas, emas sebelumnya memastikan fungsi ekonomi yang sehat sebelum pemerintah memisahkan mata uang nasional mereka dari dukungannya selama abad terakhir.

Sejak itu, seperti yang dicatat Saifedean Ammous dalam bukunya yang populer, “The Bitcoin Standard,” tanda-tanda pembusukan telah mengganggu sebagian besar ekonomi negara.

Bank-bank sentral, terutama yang bertanggung jawab atas mata uang kertas, menggunakan intervensi untuk memanipulasi pasokan mereka secara artifisial, sesuatu yang sama sekali tidak mungkin dilakukan dengan emas karena rasio stok-ke-alirannya.

Ini memperjuangkan kualitas logam mulia atas uang kertas sehingga tidak luput dari perhatian di antara angka-angka Bitcoin.

“Itu bank sentral yang mapan! Bicaralah dengan masa-masa di mana kita hidup, ”Gabor Gurbacs, manajer aset digital di VanEck, men-tweet sebagai tanggapan terhadap DNB.

Dia Melanjutkan:

“Saya sangat yakin bahwa uang pribadi / tidak berdaulat memiliki tempat di dunia kita. Uang swasta harus diizinkan untuk bersaing di pasar bebas dengan uang bank sentral. ”

Novogratz: Iklim ekonomi saat ini naik untuk “emas digital” terdesentralisasi

Kemudian, investor serial Mike Novogratz memukul nada yang sama, mengatakan kepada CNN bahwa baik emas dan Bitcoin, sebagai uang suara, akan mendapat manfaat dari tren fiat saat ini.

“Kami mendapat ketidakpastian geopolitik, kami mendapat harga negatif; itu semua bullish untuk emas dan bullish untuk Bitcoin, “katanya dalam sebuah wawancara pada 11 Oktober.

Namun, tidak semua orang setuju. Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, CEO Apple Tim Cook mengklaim awal bulan ini bahwa hanya pemerintah yang seharusnya mengendalikan uang.

Dia berbicara dalam konteks kesulitan yang sedang dihadapi Facebook dengan rilis mata uang digital yang direncanakan, Libra. Apple, katanya, tidak akan berusaha mengikuti jejaknya.

Sekitar waktu yang sama, menteri keuangan Jerman juga mengatakan bahwa negara harus mengendalikan kegiatan moneter.

Sementara itu ucapan dari DNB telah menolak cryptocurrency, mengklaim bahwa mereka tidak memenuhi fungsi uang sama sekali.