Ceriwis

Beginilah Alasan Mengapa Habibie Tidak Dirawat di Jerman

Anak kedua BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie.
Ceriwis – Presiden ke-3 RI BJ Habibie hingga masih dirawat di RSPAD, Jakarta. Anak kedua Habibie, Thareq Kemal Habibie, menjelaskan alasan kenapa perawatan tak dilakukan di luar negeri, termasuk Jerman.
Menurutnya, penerbangan jarak jauh akan berbahaya bagi kesehatan Habibie.
“Tim dokter sini cukup bagus, kenapa harus ke Jerman. Lagian sebagai orang tua yang sakit kalau terbang jarak jauh malah lebih bahaya,” kata Kemal saat ditanya awak media alasan Habibie tak dirawat di Jerman dalam konferensi pers di RSPAD, Selasa (10/9).
Habibie kini dirawat oleh 44 dokter yang tergabung dalam tim dokter kepresidenan. Mereka terdiri dari dokter spesialis berbagai bidang, mulai dari ahli jantung hingga otak.
Sebelumnya, pada Maret 2018, BJ Habibie menjalani perawatan di Muenchen, Jerman. Kabar itu dibenarkan Sekretaris Pribadi Habibie, Rubijanto.
“Benar, sudah tiga hari beliau dirawat di Klinik Starnberg Muenchen. Mohon bantu doa semoga Bapak BJH lekas sembuh,” ujar Rubijanto kepada kumparan (kumparan.com), Sabtu (3/3).
Rubi menuturkan, Habibie yang sudah mengeluh kesulitan bernafas sejak Selasa (27/2), langsung dilarikan ke Klinik Starnberg. Diagnosis sementara, tim dokter memonitor terdapat kebocoran di klep (katup) Jantung Habibie.
Menurutnya, berdasarkan penjelasan dokter, adanya penumpukan air hingga 1,5 liter pada paru-paru Habibie, menyebabkannya kesulitan bernapas.

Richard Samuel