Ceriwis

Beginilah Cara Edit Judul Berita untuk Jadi Konten Hoax

Aksi Jumat Keramat tuntut kasus hoax Fahri & Fadli.

Ceriwis – Tanpa punya kemampuan coding ataupun olah gambar Photoshop, siapa saja kini bisa bikin berita palsu alias hoaks yang terlihat sangat meyakinkan. Salah satu format konten hoaks yang banyak beredar adalah screenshot dengan memperlihatkan judul berita yang seakan berasal dari portal kredibel, padahal itu semua adalah hasil rekayasa digital.

Judul berita hoaks ini bisa dibuat dengan menggunakan smartphone Android atau laptop, aplikasi browser Chrome, dan template kode Javascript.

Cara membuat judul berita hoaks ini diumbar ke permukaan oleh seorang pengguna Twitter bernama Agus, dengan akun @ecek2. Dia membuat thread yang menjelaskan langkah-langkah pembuatan judul berita hoaks menyesatkan. Tujuannya berbagi hal ini adalah, mengingatkan pengguna Internet agar tak mudah percaya dengan screenshot yang memperlihatkan judul berita profokatif, karena itu semua harus dicek lagi faktanya.

Agus mengaku menemukan template kode Javascript tersebut dari forum diskusi yang membahas soal cara mengganti teks pada sebuah halaman website.

Tutorial di atas sukses membuat heboh karena banyak netizen yang berhasil menerapkannya. Cuitan itu sudah mendapat Likes dan Retweet masing-masing hampir 32.000.

Ceriwis juga mencoba tutorial ini. Rekayasa ini bisa dilakukan pada laman website manapun. Hasil editannya tampak identik dengan judul berita yang asli. Oleh karenanya, jangan terlalu cepat terbawa emosi ketika melihat screenshot judul berita yang beredar di media sosial. Selalu lakukan disiplin verifikasi. Ceriwis sangat bisa kamu andalkan sebagai sumber berita yang kredibel dan cepat.

Setelah melihat tutorial ini, sebaiknya kamu tidak ikut membuat judul berita hoax yang menyesatkan dan bisa memecah belah persatuan. Cukup pakai tutorial ini untuk lucu-lucuan.

Clara Marissa