Ceriwis

Beginilah Kondisi Apartemen Tempat Jack Ma Mendirikan Alibaba

Jack Ma di dalam unit apartemen tempat lahirnya Alibaba.
Ceriwis – Alibaba adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Perusahaan ciptaan Jack Ma itu berhasil membawa masyarakat China ke era ekonomi digital.
Di balik kehebatan itu, Alibaba punya sejarah yang sederhana. Alibaba “terlahir” di sebuah apartemen sederhana di salah satu kota Hangzhou. Tim Ceriwis berkesempatan mengunjungi apartemen itu di sela-sela konferensi teknologi Apsara Conference 2019 lalu.
Unit apartemen tempat kelahiran Alibaba.
Apartemen sederhana itu terletak di kompleks residensial bernama Hupan Garden. Bagi orang-orang Alibaba, tempat itu dianggap sebagai sebuah tempat “suci”. Tim yang mengunjungi hanya diperbolehkan mengambil gambar dari luar dan tidak boleh masuk atau terlalu dekat.
Pintu masuk ke unit apartemen tempat kelahiran Alibaba.
Dari apartemen ini pula, lahir jajaran produk Alibaba yang sukses, seperti Taobao dan DingTalk. Bahkan, apartemen ini masih digunakan oleh tim Alibaba untuk “mematangkan” ide-ide terbaru. Harapannya, tim yang bekerja di apartemen itu juga mendapat semangat yang sama dengan para pendiri Alibaba.
Unit apartemen tempat kelahiran Alibaba.
Apartemen ini tidak jauh dari gerbang masuk kompleks residensial Hupan Garden. Dia bisa dicapai dengan berjalan kaki selama kurang lebih lima menit.
Hupan Garden termasuk kompleks residensial yang sudah cukup lama. Rata-rata gedung tempat tinggal vertikal di kompleks ini hanya setinggi empat lantai. Fasilitas umum yang tersedia antara lain taman, kolam renang, lahan parkir, sampai lapangan tenis.
Pintu masuk Hupan Garden, kompleks residensial tempat unit apartemen kelahiran Alibaba berada.
Unit apartemen tempat kelahiran Alibaba itu sendiri terletak di lantai satu. Tampak balkonnya tertutup kaca dan tirai berwarna kehijauan.
Unit apartemen tempat kelahiran Alibaba.
Unit apartemen tempat kelahiran Alibaba.
Di apartemen itu, Jack Ma dan 17 karyawan awal mendirikan Alibaba. Alibaba adalah satu dari sekian banyak perusahaan besar dunia yang punya kisah awal sederhana. Namun, Jack Ma dan teman-teman ini punya mimpi yang tidak sederhana. Mereka punya rencana besar untuk menjadi saluran pembelian baru bagi usaha kecil di China. Hingga kini, teknologi Alibaba telah banyak memberi solusi bagi China, terutama Hangzhou, kota kelahiran Jack Ma yang menjadi saksi hidup bagaimana Alibaba meraksasa.

Clara Marissa