Ceriwis

Beginilah Proses Ikan Mengubah Jenis Kelamin

Ikan bluehead wrasse di Pulau San Salvador, Bahama.

Ceriwis – Lebih dari 500 spesies ikan diketahui mampu berganti kelamin, dari jantan ke betina, atau sebaliknya. Proses genetik dan metabolisme yang mendukung tindakan ini merupakan misteri lama yang sulit dipecahkan.

Baru-baru ini, hasil sebuah riset terbaru mengungkapkan secara detail proses perubahan jenis kelamin pada ikan. Yang menjadi contohnya adalah ikan bluehead wrasse.

“Ketika pejantan dominan tidak ada, ikan betina dengan ukuran tubuh terbesar berubah menjadi pejantan subur dalam waktu rata-rata 10 hari,” ungkap Dr Erica Todd dari University of Otago di Selandia Baru, dalam pernyataannya seperti dikutip dari IFL Science.

“Betina memulai transformasi ini dalam beberapa menit, pertama dengan mengubah warna dan menampilkan perilaku layaknya pejantan. Kemudian indung telurnya (ovarium) mulai mengalami disfungsi dan tumbuh testis yang berfungsi sepenuhnya pada tempatnya.”

Ikan Nila.

Menjadi satu-satunya pejantan di antara kumpulan betina tentunya sangat menguntungkan secara evolusioner. Hal ini mendorong para ikan bluehead wrasses betina yang berukuran menengah rela mendekat untuk melayani sang pejantan.

Dalam laporan hasil riset yang telah dipublikasikan di jurnal Science Advances ini, Todd dan rekan-rekannya menjelaskan ukuran kimiawi pada DNA yang mengontrol gen perubahan kelamin ikan.

“Riset kami mengungkapkan bahwa perubahan jenis kelamin melibatkan pemberian ulang genetik lengkap dari gonad atau kelenjar seksual. Kami menemukan bahwa gen yang diperlukan untuk mempertahankan ovarium dimatikan dan kemudian jalur genetik baru secara aktif difungsikan untuk mempromosikan pembentukan testis,” imbuh Todd.

Ilustrasi ikan kod.

Todd menjelaskan bahwa ini merupakan riset pertama yang mengamati ekspresi gen dan perubahan epigenetik (proses modifikasi turunan fungsi gen tanpa menyebabkan perubahan rangkaian DNA) pada hewan saat hewan itu sedang menjalani proses perubahan jenis kelamin.

Menurut Todd, informasi dari hasil penelitian ini juga akan bermanfaat bagi manusia. “Banyak gen signifikan dalam perkembangan seksual pada ikan juga penting pada manusia. Jadi memahami bagaimana ikan dapat mengubah jenis kelamin dapat mengajari kita tentang bagaimana jaringan kompleks ini berevolusi.”

Andika Gumilang

Tidak ada komentar