Bitcoin Miner Buys 5,000 ASICs as Network Hash Rate Climbs to New All-Time High

Perusahaan pertambangan Bitcoin Jerman (BTC), Bitcoin Utara, telah menandatangani perjanjian untuk membeli hampir 5.000 rig penambangan dari Bitmain dan Canaan Creative, perusahaan yang dikonfirmasi dalam siaran pers pada 1 Juli.

Northern, yang berkantor pusat di Frankfurt tetapi mengoperasikan situs di Norwegia, bertujuan untuk menggandakan kapasitasnya, saat ini beroperasi dengan 55 petahash per detik.

Ekspansi ini merupakan bagian dari rencana penskalaan jangka panjang dengan fokus pada energi berkelanjutan yang dimulai pekan lalu, para pejabat menjelaskan, ketika industri pertambangan Bitcoin menjadi semakin populer dan kompetitif.

“Akuisisi perangkat keras yang dicari adalah kesuksesan besar bagi perusahaan kami,” Moritz F. Jäger, CTO dari Northern, berkomentar dalam siaran pers.

“Dengan penggandaan peralatan penambangan kami hanya beberapa hari setelah dimulainya penskalaan global kami, kami menetapkan langkah yang kami bertujuan untuk mengambil posisi terdepan dalam industri blockchain yang tumbuh cepat di tahun-tahun mendatang.”

Pengumuman itu datang bersamaan dengan laju hash keseluruhan jaringan Bitcoin yang mencapai rekor baru lainnya. Pada hari Senin, jumlahnya telah melampaui 69 trilyun hash per detik – seperti yang dicatat oleh investor Kevin Rooke, sepuluh kali lipat jumlah butiran pasir di Bumi.

Sementara itu Utara menambahkan akan berusaha untuk membuka situs baru di masa depan di lokasi yang belum diungkapkan.

Pekan lalu, operator pertambangan AS, Plouton Mining, mengumumkan pabrik baru di California, yang akan menjadi instalasi tenaga surya terbesar di Amerika Utara.

Seperti yang dilaporkan Ceriwis, perkiraan saat ini menganggap sekitar 74% dari aktivitas penambangan Bitcoin dunia berasal dari sumber yang berkelanjutan.