Ceriwis

Bocah Berusia 10 Tahun ini Akan Bantu 81 Orang dengan Organ-organ Tubuhnya

Francine Salazar.
Ceriwis – Nasib malang menimpa seorang bocah perempuan berusia 10 tahun asal Amerika Serikat. Bocah bernama Francine Salazar itu meninggal akibat kecelakaan mobil.
Tapi, dia akan terus hidup. Organ-organnya akan membantu 81 orang lain. Donasi organ yang Francine lakukan disebut keluarganya sebagai “aksi kebaikan terakhir”.
Francine dan keluarganya mengalami kecelakaan mobil pada 7 Agustus lalu. Dalam perjalanan pulang dari sekola Francine, mobil mereka ditabrak mobil lain di Tulare County, California, AS.
Ilustrasi kecelakaan mobil.
Francine sempat dirawat di Valley Children’s Hospital. Tim dokter di sana menyatakan bahwa Francine mengalami mati otak. Itu kondisi ketika otak tidak lagi berfungsi, tapi tubuh tetap hidup karena ada organ-organ yang masih bisa berfungsi. Francine dinyatakan meninggal pada 10 Agustus lalu.
Pihak keluarga Francine memutuskan untuk menyumbangkan organ-organ tubuh si bocah. Mereka melakukan sumbangan melalui organisasi Donor Network West.
Para staf di Valley Children’s Hospital melakukan penghormatan kepada Francine dengan berbaris sembari tubuh kecil si bocah dibawa masuk ke ruang operasi untuk diambil organ-organnya. Hanah Salazar, ibu dari Francine, juga sempat mengepang rambut Francine untuk terakhir kalinya.
Ilustrasi organ tubuh manusia.
Newsweek melaporkan bahwa organ-organ tubuh Francine ini bisa menyelamatkan nyawa enam orang dan membantu 75 orang lainnya. Menurut laporan Health Resources and Services Administration, di Amerika Serikat ada 113.00 orang yang menunggu donasi organ. Setiap tahunnya ada 20 orang yang meninggal saat menunggu donasi itu.
“Anakku adalah seseorang yang sangat peduli dengan orang lain, tidak egois, dan akan menolong siapapun sebelum dirinya sendiri,” kata Hanah.
Francine Salazar (kiri) dan ibunya.
Pihak keluarga membuka halaman GoFundMe untuk mencari sumbangan dana. Dana itu nantinya akan digunakan untuk membayar biaya perawatan medis serta pemakaman Francine.
Sejauh ini, dari halaman itu telah terkumpul donasi sebesar 17 ribu dolar AS atau sekitar Rp 242 juta untuk keluarga Francine.

Andika Gumilang