Ceriwis

Bocah Berusia 9 Tahun Ini Terpelanting ke Udara Akibat Diseruduk oleh Bison

Bison.

Ceriwis – Beberapa hari yang lalu, beredar sebuah video yang menunjukkan seorang bocah diseruduk bison Amerika. Insiden nahas itu terjadi pada Senin sore (22/7), di dekat Observation Point Trail di area Old Faithful Geyser di Taman Nasional Yellowstone, Amerika Serikat. Peristiwa itu bisa menjadi pengingat bahwa kita harus menghormati satwa liar ketika mengunjungi habitatnya.

Menurut saksi mata, pada saat kejadian, ada sekitar 50 orang pengunjung yang memasuki habitat bison. Mereka mendekati hewan-hewan itu dalam jarak yang cukup dekat, sekitar 2 hingga 3 meter.

Padahal pihak pengelola taman telah menyarankan agar para pengunjung berada dalam jarak setidaknya 23 meter dari satwa liar yang menghuni Taman Nasional Yellowstone. Terlebih, imbauan ini juga telah dipasang pada papan pengingat yang ada di sekitar wilayah tersebut. Sayangnya, 50 pengunjung itu mengabaikannya dan mengambil jarak terlalu dekat dengan satwa liar yang ada di sana.

Benar saja, seekor bison langsung bereaksi dengan menyeruduk seorang gadis berusia 9 tahun asal Odessa, Florida. Gadis itu terpelanting ke udara, dengan ketinggian sekitar 1 hingga 2 meter. Kejadian itu terekam jelas lewat kamera pengunjung bernama Hayley Dayton.



Sang bocah langsung mendapatkan perawatan darurat yang disediakan oleh pengelola taman, dia juga dibawa ke klinik Old Faith sebelum dikembalikan ke keluarganya. Setelah terjadinya insiden ini, pihak Layanan Taman Nasional AS (National Park Service/NPS) mengeluarkan imbauan kepada pengunjung agar tidak mendekati hewan liar.

“Semua hewan di Taman Nasional Yellowstone adalah liar. Ketika seekor binatang berada di dekat jalanan, trotoar, tempat parkir, atau di daerah yang lainnya, berikan ruang. Ambil jarak 23-25 meter dari semua hewan besar, seperti bison, rusa, bighorn, rusa, dan coyote. Serta ambil jarak 91-100 meter dari beruang dan serigala. Jika perlu, berbaliklah dan pergi ke arah lain untuk menghindari interaksi dengan hewan liar dalam jarak dekat,” tulis NSP.

Bison.

Bison Amerika adalah hewan darat yang tersebar di Amerika Utara. Bison jantan, seperti yang ada di video tersebut, dapat memiliki bobot hingga 1.000 kilogram, dan tinggi 1,8 meter. Hewan ini memiliki tanduk yang tajam dan dapat berlari dengan kecepatan hingga 64 kilometer per jam.

Dahulu, kawanan bison pernah tumbuh subur di seluruh area Great Plains Amerika, dan mereka sangat penting bagi para penduduk asli Amerika. Bahkan, sebelum kedatangan Christopher Columbus, ada sekitar 30 juta bison yang berkeliaran di padang rumput Amerika Utara. Namun, pemukiman manusia telah menghancurkan semua populasi satwa di sekitarnya, termasuk populasi bison yang kini hampir punah.

Berkat upaya konservasi, sekitar 30 ribu bison sekarang dapat hidup di wilayah federal, tanah adat, dan lahan negara bagian, serta banyak juga yang dipelihara di lahan pribadi di Amerika Serikat. Di Taman Nasional Yellowstone sendiri, terdapat sekitar 50 ribu bison yang hidup di sana.

Melanie Putri