Cara Memulai Obrolan Menarik dengan Siapa Saja

Guahim/Flickr

Obrolan paling menarik bukanlah tentang berita, politik, atau olahraga, melainkan tentang emosi. Para pengiklan telah mengetahui itu selama puluhan tahun dan menggunakannya untuk menjual lebih banyak produk.

Tidak ada yang membeli Rolex karena mereka membutuhkannya, mereka membelinya karena itu membuat mereka merasa penting.

Lakukan hal yang sama! Berhentilah membuat orang-orang berpikir dan mulailah membuat mereka merasa dan kamu akan berujung dalam obrolan paling menarik—bahkan dengan orang-orang yang kamu anggap membosankan sebelumnya.

Berikut ini adalah cara saya belajar melakukannya dan bagaimana kamu juga bisa melakukannya.

Miliki pendapat emosional

“Apa pendapat kamu tentang deforestasi di hutan hujan Amazon?” Kamu mungkin tidak akan mendapatkan banyak pendapat tentang topik seperti ini kecuali kamu sudah memperhatikan hal ini sebelumnya.

Di sekolah dan terutama kemudian, di perguruan tinggi dan universitas, kamu belajar berpendapat tentang topik mulai dari aborsi sampai perang terhadap narkoba. Tapi siapa yang pernah mengajarimu tentang pendapat emosional?

[AdSense-A]

Saya kira tidak ada, tapi jangan khawatir! Saya akan menjadi guru pengganti kamu sebentar.

Seluruh prosesnya sangat sederhana. Setiap kali sesuatu yang penting terjadi dalam hidup kamu, tanyakan pada diri sendiri: Bagaimana perasaan saya akan hal ini?

Mari berlatih dengan contoh:

Kamu akan memulai pekerjaan baru: “Saya merasa gembira karena pekerjaan ini memberikan peluang baru untuk karier saya, tapi saya juga gugup karena saya merasa saya harus membuktikan diri.”

Kamu baru saja lulus dari universitas: “Saya merasa sangat senang dan bangga, tapi rasanya pahit karena saya masih tidak tahu apa yang ingin saya lakukan selanjutnya.”

Kamu berhubungan lagi dengan teman lama setelah 15 tahun: “Awalnya terasa canggung karena dia pada dasarnya orang asing setelah selama ini. Tapi setelah beberapa menit saya bisa merasakan bahwa apa yang menghubungkan kami di masa lalu muncul dan kami mengalami waktu yang paling menyenangkan.”

Memanfaatkan emosi bukan hanya kunci dalam percintaan.

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana perasaan kamu, tanyakan kepada diri kmau sendiri bagaimana orang lain mungkin merasa. Misalnya, Bagaimana itu bisa membuat mereka merasa? atau Bagaimana yang akan saya rasakan dalam situasi ini? Pada dasarnya inilah empati yang diungkapkan dengan kata-kata.

Ketika seseorang memberitahumu: “Saya berpikir tentang pindah ke Jerman,” mereka tidak ingin kamu menyarankan kota-kota dengan tingkat kejahatan yang rendah dan perawatan kesehatan yang baik. Mereka ingin memberitahumu tentang pertarungan batin mereka dan mengapa mereka merasa harus pergi.

Berlatihlah memiliki dan mengungkapkan pendapat emosional dan obrolan kamu akan menjadi lebih menarik. Dijamin!

Bicarakan tentang renjana

renjana
kata benda
1. perasaan kuat dan hampir tidak terkendali.

Suatu bentuk khusus dari obrolan tentang emosi adalah ketika kamu atau orang lain membicarakan sesuatu yang mereka sukai.

Setiap orang memiliki renjana, kadang-kadang tersembunyi, tapi semua orang memilikinya.

Mungkin itu JavaScript, atau memasak makanan penutup khas Prancis, atau menciptakan karya seni dari kaleng timah bekas. Apa pun itu, temukan dan bicarakan tentang hal itu! Inilah tambang emas untuk obrolan.

Contoh:

Ketika seorang teman memberitahu kamu (atau kelompok) bahwa dia pergi menunggang kuda dan mengalami waktu yang menakjubkan, jangan tanya, “Kamu pergi ke mana?”, Lebih baik bertanya, “Saya tidak pernah menunggang kuda. Apa yang membuatnya sangat menarik?”

Saya jamin bahwa setiap orang yang bergairah tentang topik itu tidak hanya akan mengajarimu banyak hal—dengan cara yang menarik—tapi juga akan lebih menyukaimu dan merasa lebih dekat denganmu setelah itu.

[AdSense-B]

Kalau-kalau kamu tidak tahu apa yang membuat orang lain antusias, tanyakan saja: “Apa yang membuatmu antusias?”

Pertanyaan ini saja akan melepaskan obrolan yang menarik.

3 alasan saya suka bicara tentang renjana:

  1. Itu membuat orang-orang berbicara dengan gembira yang membuatnya menarik untuk mendengarkan.
  2. Kamu belajar banyak hal baru. Misalnya, baru-baru ini seorang teman mengajak saya dan empat teman lainnya bermain frisbee. Dia menjelaskan aturan-aturannya, menunjukkan kepada kami berbagai teknik, dan bahkan berhasil mendapatkan kami diskon besar untuk kursus. Semua karena kami membiarkan dia mengungkapkan renjananya.
  3. Orang-orang akan menyukaimu karenanya, dan hasilnya mereka akan ingin ada di dekatmu.

Orang-orang yang menyukai olahraga sering kali antusias akan hal itu.

Orang-orang secara terus-menerus menuntut perhatian pada emosi mereka tapi jarang ada yang mendengarkan. Mereka yang mendengarkan diganjar dengan persahabatan seumur hidup, asmara yang menyenangkan, dan hubungan yang bahagia. Ingat itu baik-baik!

Selama mempraktikkan!

(Julian Reisinger, Quora)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *