Cara Tampil Kompeten Tanpa Perlu Bicara

Berpakaian bagus membuat kamu terlihat kamu tahu apa yang sedang kamu lakukan. Gareth Cattermole/Getty Images

Wirausahawan menampilkan bisnis mereka dalam segala hal, entah menunjukkan suatu etos kerja tertentu atau mengenakan penampilan tertentu. Meskipun mereka mungkin lebih suka dinilai dari kecerdasan dan pengalaman mereka, mereka juga dievaluasi dari gaya dan pakaian mereka.

Kesan pertama terbentuk dalam sekejap dan penampilan sangat bisa memengaruhi opini awal tentang kepribadian, kompetensi, dan kemampuan seorang pemimpin bisnis.

Suka atau tidak, penampilan itu penting. Ketika kamu berpakaian dan membawa diri dengan cara positif, ini membantu menyampaikan kepada orang lain pesan bisnis yang kamu coba sampaikan. Hal ini sangat penting dalam memberikan presentasi, entah audiensinya dua orang eksekutif atau seribu orang.

Penampil yang tampak utuh akan dianggap lebih berpengetahuan dan bertanggung jawab daripada mereka yang tampak acak-acakan. Buat orang lain terkesan pada presentasi klien penting kamu berikutnya dengan tips berikut:

1. Pakailah pakaian yang meningkatkan kepercayaan diri kamu

Semua orang tahu bahwa jika kamu terlihat bagus, kamu merasa lebih nyawan: kamu lebih percaya diri dan orang lain memperlakukan kamu dengan lebih hormat. Presentasi fisik kamu harus setara dengan kualitas pekerjaan dan reputasi bisnis kamu.

Mencari yang terbaik dari diri kamu bukanlah soal kesombongan. Sebaliknya, ini tentang investasi dalam perbaikan diri. Menjaga standar tinggi untuk penampilan kamu akan membantu kamu merasa lebih bahagia dan lebih sukses.

2. Kirim pesan yang tepat

Ada yang santai dan kemudian ada yang sangat santai. Definisi dari apa yang merupakan pakaian kasual telah mencapai tingkat rendah sampai sekarang. Meskipun mungkin cepat dan mudah untuk membuang hal pertama yang kamu lihat, penampilan kamu berbicara banyak hal tentang diri kamu.

Jika kamu terlihat seolah-olah kamu baru berguling dari tempat tidur, kebanyakan orang akan menganggap kamu baru saja melakukannya. Terlepas dari jenis bisnis apa yang kamu jalani, berusahalah terlihat paling bagus dan puaskan harapan audiens kamu.

3. Utamakan penampilan kamu

Banyak eksekutif menempatkan penampilan mereka di bagian belakang karena kewajiban untuk bekerja dan keluarga. Meskipun jadwal kamu mungkin padat, buatlah penampilan kamu menjadi prioritas pada hari presentasi.

Sebelum presentasi kamu, luangkan beberapa waktu tambahan untuk memilih pakaian yang sesuai. Terlihat paling baik setiap hari, dedikasikan sumber-sumber kamu untuk investasi jangka panjang seperti pembelian pakaian, perawatan rambut, dan perawatan diri.

Perhiasan yang kamu pilih bisa menimbulkan perbedaan besar.

Perhiasan yang kamu pakai bisa membuat perbedaan besar. Pascal Le Segretain/Getty Images

4. Cerminkan audiens kamu

Jika kamu sedang presentasi kepada sekumpulan klien bidang teknologi, celana kasual dan kemeja berkancing mungkin benar-benar tepat. Demikian juga, memakai pakaian yang lebih modis dapat membantu kerumunan artistik terhubung dengan kamu dan pesan kamu.

Tapi untuk beberapa skenario, pakaian bisnis tradisional adalah pilihan terbaik. Jangan pilih pakaian karena kenyamanan kamu sendiri. Sebaliknya, berpakaian demi kenyamanan klien kamu. Jika ragu, ikuti arahan klien kamu dan berpakaian satu tingkat saja di atas level tersebut.

5. Manfaatkan anggaran kamu

Banyak profesional merasa bahwa mereka tidak mampu untuk menjadi modis, tapi kamu bisa menunjukkan gaya pribadi kamu tanpa perlu boros.

Ketimbang berinvestasi pada lemari besar, pilih kualitas daripada kuantitas. Beli saja item yang mengirimkan pesan yang ingin kamu sampaikan. Potongan klasik yang pas dan menyanjung tubuh kamu akan membantu kamu terlihat sangat bagus untuk presentasi.

6. Detail-detail bisa memperkuat penampilan

Aksesoris yang dipilih dengan cermat bisa membuat perbedaan antara seseorang yang sekadar memakai pakaian dan orang yang berdandan. Bagi pria, jam tangan bagus dan pena klasik akan menambahkan sentuhan kecanggihan untuk pakaian apa pun.

Bagi wanita, sepatu, perhiasan dan tas jinjing yang bagus bisa berarti perbedaan antara pakaian yang hambar dan yang mencolok. Berinvestasilah dalam sepatu terbaik yang kamu mampu. Dan ketika memilih perhiasan, tetaplah sederhana dan klasik. Ingat, orang yang berpakaian lebih profesional akan diperlakukan lebih profesional. (Jacqueline Whitmore)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *