Cinta Sejati Dijelaskan Dalam 2 Kata

Flickr/Guian Bolisay

Kebanyakan manusia sangat bodoh bila menyangkut apa arti cinta dalam konteks hubungan percintaan. Saja juga beigitu.

Jadi, marilah kita luruskan dan menjelaskan cinta dalam dua kata …

Cinta adalah dukungan dan tantangan. Itu dia.

Ini bukan hanya sisi dukungan—jika kamu punya pasangan yang hebat, mereka mendukung kamu, ya, tapi mereka juga bersedia menantang kamu. Dan, mereka bahkan tidak harus mencoba—hiduplah bersama mereka cukup lama dan perilaku mereka akan menantang kamu dan menguji kamu tidak seperti apa pun lainnya.

Kebanyakan orang secara keliru mencampuradukkan cinta dengan ketergila-gilaan, yang merupakan gagasan kekanakan dan romantis tentang seseorang yang mendukung setiap langkah kita.

Saya benci menjadi pembawa berita buruk, tapi cinta bukan hanya bulu halus hangat yang kamu dapatkan ketika kamu “jatuh cinta”. Perasaan itu disebut ketergila-gilaan atau dopamin dan itu salah satu saja dari sisi mata uang. Dope-A-mine. Perasaan saya dalam pengaruh obat bius. Serius.

Kalau ingin perasaan kamu melayang-layang, ambil saja ganja Colorado berkualitas dan nyalakan. Rasanya hampir sama dengan apa yang kebanyakan orang sebut secara keliru sebagai “jatuh cinta”.

Dan, jangan salah paham, saya menikmati perasaan itu—entah itu jatuh cinta kepada seseorang atau membuat seseorang jatuh cinta. Rasanya menyenangkan. Namun jika kita melihat pengalaman kita sendiri, rasa itu tidak bertahan lama.

Saat kamu “jatuh cinta” perasaan kamu “melayang-layang” saat kamu dan “belahan jiwa” kamu terhubung. Kemudian, setelah sekitar enam bulan sampai satu tahun, perasaan kamu berhenti melayang-layang karena orang ini sekarang membuatmu kesal. Jadi, kita secara alamiah berubah dari ketergila-gilaan menjadi kebencian dalam hubungan kita dengan orang lain.

Karena sekarang pasangan kamu tidak bisa menyembunyikan warna asli mereka. Mereka membuatmu kesal dengan cara yang kecil maupun besar.

Untuk memperburuk keadaan, kebanyakan orang telah membeli sebuah fantasi seputar pernikahan atau hubungan jangka panjang—yang seharusnya terasa menyenangkan sepanjang waktu (budaya kita mencekoki kita ide ini dan kebanyakan orang memercayainya dan kemudian kesal ketika pasangan manusia mereka yang tidak sempurna tidak bisa memenuhi fantasi mereka).

Jadi, ketika kebencian muncul, orang-orang lari atau menyalahkan pasangannya.

Jika kamu ingin terus mengejar perasaan “jatuh cinta”, kamu akan membuat ekor kebencian yang mengikuti kamu untuk membuatmu kembali ke tengah.

Jadi, jika kita ingin mendapatkan lebih sedikit drama dalam hubungan kita, saya sarankan untuk menghilangkan fantasi dan kecanduan pada perasaan mirip candu dari hubungan satu sisi (dukungan), dan sebaliknya merangkul kedua sisi dalam hubungan—yang melibatkan “tantangan”. Ini membawa kita pada hubungan keseluruhan dan pengertian cinta sejati.

Tentu saja, beberapa hubungan bisa terlalu berat pada sisi “tantangan”. Hubungan itu akan butuh lebih banyak dukungan.

Dengan kata lain, cinta merangkul kegilaan dan kebencian kita. Keseimbangan dalam menerima dua sisi yang berlawanan ini adalah cinta. Dan, ini adalah momen, keadaan. Dan, segera, kita akan berayun ke salah satu kutubnya.

Orang-orang yang menggugah hubungan dari waktu ke waktu, bisa bekerja dengan polaritas ini dengan terampil. Mereka tidak punya fantasi kekanak-kanakan bahwa perasaan menantang dalam hubungan akan menghilang demi perasaan yang lebih mendukung.

Pasangan yang cerdas merangkul dukungan maupun tantangan.

Saat kita menyadari bahwa tantangan dan dukungan adalah dua sisi dari mata uang yang sama, kita bisa secara dramatis meningkatkan kepuasan kita dalam hubungan jangka panjang.

Tidak percaya? Rangkul lebih banyak tantangan dan lihat ke mana ia akan membawamu. Dugaan saya, kamu akan mengalami pengalaman cinta yang lebih dalam dan lebih realistis. (Jayson Gaddis)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *