Cobain Deh 9 Trik Sederhana Ajaran Orangtua Ini, Dijamin Bikin Hidup Sehari-hari Lebih Mudah!

tips jadul ajaran orangtua

tips jadul ajaran orangtua

Orangtua atau kakek nenek kita biasanya memberikan banyak wejangan berharga yang sangat berguna bagi hidup. Mulai dari nasihat bijak agar hidup kita lebih baik hingga  tips sederhana yang bisa kita terapkan untuk mempermudah kehidupan sehari-hari, seperti trik bersih-bersih rumah atau mengasuh anak.

Meskipun trik yang digunakan tergolong sederhana dan kuno, Kawan Muda ngerasa enggak sih kalau ajaran yang diwariskan orangtua atau kakek nenekmu tersebut  tak lekang oleh waktu? Yup, bahkan hingga sekarang masih bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, lho!

Nah, kali ini Kita Muda telah mengumpulkan sejumlah trik sederhana ajaran orangtua yang benar-benar efektif dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. Penasaran apa saja? Yuk, kita lihat bersama!

1. Gunakan obat sakit kepala untuk mengawetkan bunga potong agar tidak layu

tips jadul ajaran orangtua
via: brightside.me

Pada momen-momen tertentu seperti wisuda, pertunangan, atau pernikahan, Kawan Muda mendapatkan banyak bunga potong yang begitu cantik. Sayang, dalam hitungan hari, bunga potong akan layu dan mengering. Nah, biar enggak ‘dibuang sayang’, Kawan Muda bisa nih menyimpan bunga dalam vas berisi air kemudian tambahkan satu tablet aspirin yang dihaluskan ke air tersebut.

2. Supaya anak, adik, atau sepupu yang masih kecil bisa pegang pensil dengan benar, pakailah karet gelang

tips jadul ajaran orangtua
via: brightside.me

Mengajari anak kecil menulis atau memegang pensil bukanlah cara yang mudah,Kawan Mudah. Eits, tapi tenang, ada cara jadul yang masih bisa dipakai dan terbukti ampuh. Yup, kamu bisa menggunakan karet gelang yang diikatkan pada pergelangan tangan dan pensil seperti yang terlihat gambar di atas. Nah, dengan cara ini, pensil akan berada pada posisi yang tetap.

3. Garam bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan noda minyak di pakaian

tips jadul ajaran orangtua
via: brightside.me

Selain sebagai bumbu dapur, garam sering dimanfaatkan sebagai alternatif dalam membersihkan rumah. Salah satu khasiat garam sebagai bahan pembersih alami adalah mampu menghilangkan noda minyak di baju atau celanamu. Caranya, cukup taburkan garam di area baju yang terkena minyak, diamkan sebentar baru kemudian digosok perlahan.

4. Panci atau wajan yang gosong juga bisa dibersihkan dengan bantuan garam

tips jadul ajaran orangtua
via: brightside.me

Yup, kerak-kerak bekas gosong bakal langsung terangkat kalau kamu mendidihkan air garam (selama 15—20 menit) di panci atau wajan yang ada bekas gosongnya.

5. Kuteks yang mengering bisa dicairkan kembali pakai aseton, lho!

tips jadul ajaran orangtua
via: brightside.me

Kuteks favoritmu mengering di botolnya? Eits, jangan dibuang dulu karena ada trik sederhana yang bisa “mengembalikan” kuteks favoritmu seperti baru. Kamu tinggal tuang saja aseton ke dalam botol kuteks yang mengering. Dengan menggunakan kuas kuteks, aduk-aduklah kuteks yang mengering agar bisa encer kembali.

6. Gunakan lemon untuk membersihkan noda kunyit atau buah bit yang tertinggal di tangan atau kuku

tips jadul ajaran orangtua
via: brightside.me

Biasanya setelah memotong buah bit atau memarut kunyit, noda warna dari kedua bahan tersebut tertinggal di tangan atau kuku. Meskipun sudah dicuci berulang kali dengan sabun, entah mengapa warnanya susah sekali hilang. Nah, untuk mengatasinya, Kawan Muda bisa menggosok-gosokkan lemon di telapak tangan dan kukumu.

7. Tambahkan garam saat merebus telur biar enggak meluber putih telurnya

tips jadul ajaran orangtua
via: brightside.me

Ketika merebus telur, jangan lupa tambahkan garam dalam air rebusannya. Cara ini membantu cangkang telur agar enggak mudah retak sehingga putih telurnya enggak meluber kemana-mana.

8. Sebelum memotong roti, rendamlah pisaumu dalam air mendidih untuk menghindari remahan roti

tips jadul ajaran orangtua
via: brightside.me

Dengan merendam pisau roti dalam air mendidih, roti yang kamu potong dengan pisau tersebut enggak akan menyisakan remah-remah. Kamu pun enggak perlu ribet membersihkan remahannya deh.

9. Kentang bisa membantu meredakan iritasi akibat gigitan serangga

tips jadul ajaran orangtua
via: brightside.me

Pernah mendengar trik ini sebelumnya? Hemm, mungkin belum karena trik jadul ini sepertinya sudah jarang digunakan. Namun kamu bisa mencobanya jika mengalami iritasi dan inflamasi akibat gigitan serangga atau nyamuk. Caranya, potong kentang berukuran kecil menjadi dua bagian kemudian tempelkan pada area bekas gigitan nyamuk. Mudah bukan?

Itulah 9 trik sederhana ajaran orangtua yang masih bisa kamu gunakan untuk mempermudah kehidupanmu di zaman serba modern ini. Selamat mencoba,

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *