Cuma butuh 5 menit, 7 aktivitas ini bisa mengubah hidupmu jadi keren

Jangan sampai hidup terasa hanya begini-begini saja tanpa ada perubahan.

Ilustrasi bangun pagi/foto: istock

Seringkali dari kita merasa hidup berjalan tak sesuai harapan. Motivasi untuk memulai aktivitas pun seolah sirna entah ke mana. Alhasil, hidup terasa hanya begini-begini saja tanpa ada perubahan.

Kamu pernah ngalamin kayak gini? Merasa hidup hanya sekadar menjalani rutinitas dari bangun pagi hingga tidur lagi tanpa memaknainya?

Kalau iya, berarti kamu butuh sesuatu dobrakan dalam hidupmu. Dobrakan ini ternyata nggak sulit untuk dicari. Dari hal-hal sederhana yang ada di keseharian ternyata bisa ditemukan lho! Apalagi, kamu nggak butuh waktu lama untuk melakukannya.

Cuma butuh waktu lima menit, ini dia tujuh aktivitas yang bisa mengubah hidupmu jadi keren dihimpun dari berbagai sumber, Senin (2/10).

1. Meditasi.

foto: greatist.com

Tak sedikit dari kita kerap mengabaikan kesehatan mental. Padahal hal tersebut nggak kalah penting dari kesehatan fisik. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental adalah melakukan meditasi. Nggak butuh waktu lama, kamu bisa melakukan meditasi cukup dengan lima menit.

Rutin bermeditasi dapat memberikan berbagai manfaat seperti menjauhkan stres, melepaskan amarah, dan membuat lebih bersyukur. Dengan demikian, kamu bisa menjalani hidup lebih tenang dan damai. Sederhana tapi bisa berpengaruh besar dengan hidupmu.

2. Bikin video.

foto: digiworks.co.za

Selain bermeditasi, cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengubah hidupmu menjadi lebih baik adalah dengan membuat video. Dewasa ini marak adanya video blog atau dikenal dengan vlog yang menggambarkan keseharian seseorang lewat video. Membuat video sama halnya seperti berbicara dengan diri sendiri.

Kamu bisa menuangkan apa yang ada dalam pikiranmu di depan kamera. Nggak cuma itu membuat video untuk mengabadikan momen ternyata bisa jadi kenang-kenangan untuk masa depan. Nggak cuma itu, kamu juga bisa membuat karya video dengan lebih serius yang bisa menjadi sumber penghasilan buatmu.

Kamu juga bisa ikutan kompetisi film pendek yang sering diselenggarakan. Misalnya, kamu bisa ikutan kejuaraan video making di acara The 5 Minute Video Challenge. Submit video pendek berdurasi 5 menit dengan tema “Connecting Lives”, raih hadiah total ratusan juta Rupiah & mewakili Indonesia di kompetisi Internasional. Biar lebih jelasnya, kamu bisa kulik infonya di sini.

3. Selalu mengucapkan terima kasih.

foto: osv.com

Terdengar sepele, namun mengucapkan terima kasih kepada diri sendiri maupun orang lain ini jika dilakukan bisa memberikan efek positif. Ini juga bentuk apresiasi untuk dirimu maupun orang lain. Misalnya, kamu berterima kasih kepada diri sendiri karena telah menjalankan aktivitas seharian tanpa mengeluh.

Ucapan terima kasih kepada orang lain bisa mengubah perasaan orang tersebut menjadi lebih baik. Mereka akan merasa kita hargai. Karena itu meski sebenarnya mereka tak membutuhkan ucapan terima kasih dari kita, namun kita perlu sampaikan rasa terima kasih. Jangan lupa sertakan senyuman untuk menambah kebaikan pada orang lain.

4. Bangun dan mulai beraktivitas lebih pagi.

foto: s3.amazonaws.com

Bangun lebih pagi dari biasanya, ternyata punya efek luar biasa lho. Kamu pun memiliki waktu lebih banyak untuk mempersiapkan hari. Misalnya kamu jadi bisa membuat kopi dan menikmatinya lebih santai tanpa terburu-buru. Bisa membuat sarapan dan menyantapnya dengan sukacita.

Segala persiapan pun dilakukan dengan matang. Kamu pun bisa beraktivitas dengan nyaman dengan begitu perasaanmu jadi lebih baik. Nggak ada lagi kata bad mood karena tergesa-gesa.

5. Tinggalkan kamar dalam keadaan rapi.

foto: Twitter.com/@tidybedrooms

Kamar tidur menjadi salah satu tempat favorit bagi sebagian orang. Pasalnya, mereka bisa melakukan segala hal di kamar tidur. Salah satu fungsi kamar tidur adalah menjadi tempat istirahat dan merilekskan diri setelah seharian beraktivitas. Terbayang empuknya kasur dan nyamannya suasana kamar ini bikin perasaan capekmu hilang.

Tapi, kalau kamu yang meninggalkan kamar tidur dengan keadaan berantakan, jangan berharap lelahmu akan hilang. Usai beraktivitas, kamu justru makin lelah dan stres melihat kondisi kamarmu yang berantakan.

Nah mulai hari ini, yuk rapikan segala barang sebelum meninggalkan kamar! Bangun tidur langsung lipat selimut dan rapikan bantal, guling, serta, sprei. Cuma sebentar dilakukan, kenyamanan kasur akan begitu nikmat saat pulang dari kegiatan.

6. Jangan tinggalkan piring kotor menumpuk.

foto: seriouseats.com

Setelah menyantap makanan, timbullah piring atau mangkuk kotor. Kebanyakan dari kita memiliki kebiasaan untuk menumpuk piring kotor di wastafel. Alasannya sederhana, nanti aja atau nunggu sampai banyak biar sekalian mencuci. Ternyata hal tersebut justru memicu masalah besar muncul.

Jika kamu tak langsung mencuci piring kotormu dan membiarkannya menumpuk di wastafel maka tumpukan piring tersebut bisa memunculkan adanya serangga atau hewan seperti lalat hingga kecoak. Nggak cuma itu, menumpuk piring kotor di wastafel ini justru membuatmu makin malas mencuci karena banyak banget. Nah sebaiknya kamu langsung mencucinya agar nggak muncul kecoak dan langsung bersih. Nggak ada kerjaan numpuk deh!

7. Datang ke lokasi janjian lebih cepat dari waktu yang ditentukan.

foto: shutterstock.com

Siapa yang merasa bete kalau janjian sama orang tapi si doi telat datang? Kayaknya semua orang bakal merasakan kesel kalau mendapati kejadian tersebut. Nah biar nggak bete, kamu sebaiknya datang ke lokasi janjian lebih cepat. Dengan memberikan contoh datang lebih cepat, secara nggak langsung kamu mulai mengubah kebiasaan buruk teman-temanmu.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *