Ceriwis

Curah Hujan di Indonesia Bakal Masih Rendah Selama Oktober, Ungkap BMKG

Seorang anak memperlihatkan kepiting dan ikan mati di tambak yang kering akibat musim kemarau di kawasan Ladong, Aceh Besar, Aceh, Selasa (9/7/2019).
Ceriwis – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi selama bulan Oktober 2019 curah hujan di seluruh wilayah Indonesia akan masih dalam kategori rendah hingga sedang. Curah hujan sedang secara khusus bakal terjadi cuma di sebagian wilayah utara Indonesia.
Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim BMKG, Indra Gustari, mengatakan bahwa curah hujan di seluruh Indonesia saat ini masih ada di bawah 10 mm. Ini artinya, kekeringan di sejumlah wilayah negeri ini masih akan terjadi hingga satu bulan ke depan.
“Adapun daerah yang berpotensi akan turun hujan itu berada di wilayah Aceh, Sumatera Utara, sebagian Kalimantan, sebagian Sulawesi, dan Papua. Sedangkan di daerah Sumatera bagian selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, masih tergolong rendah,” ujar Indra dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) di Graha Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Rabu (2/10).
Update Kebencanaan dan Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) di Graha Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
Indra menambahkan, bahkan hingga 30 September 2019, ada daerah bernama Tampak Aruy di Kepulauan Nusa Tenggara yang tercatat sudah tidak mengalami hujan selama 198 hari. Tren hari tanpa hujan ini diprediksi akan terus berlanjut hingga akhir Oktober, terutama di daerah Sumatera Selatan, Lampung, dan sebagian besar Jawa.
Sementara untuk prediksi enam bulan ke depan, menurutnya, musim hujan akan terjadi merata di Indonesia mulai bulan November. Adapun puncak musim hujan akan terjadi pada Januari dan Februari 2020.
“Di November sebagian Jawa sudah mulai hujan walaupun kriterianya menengah. Desember sebagian besar sudah masuk hujan. Sedangkan Januari sampai Februari adalah sebagai puncak musim hujan tahun 2019-2020. Sedangkan di Februari-Maret curah hujannya makin tinggi, tapi Sumatera bagian utara mulai menurun,” papar Indra.
Secara ringkas, kondisi iklim dan cuaca di Indonesia dalam seminggu dan beberapa bulan ke depan adalah intensitas hujan sedang dan lebat umumnya terjadi di Indonesia bagian utara. Sedangkan awal musim hujan di Indonesia secara umum akan terjadi mulai pada akhir Oktober, November, hingga Desember, dengan puncaknya terjadi pada Januari dan Februari.

Bella Priscilla