Ceriwis
Home » Umum » Dalam Mengobati Luka Diabetes, Mahasiswa UNS Buat Gel dari Cangkang Udang

Dalam Mengobati Luka Diabetes, Mahasiswa UNS Buat Gel dari Cangkang Udang

Obat dari cangkang udang buatan tim mahasiswa UNS.

Ceriwis – Sekelompok mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) punya terobosan unik untuk membantu menyembuhkan luka pada penderita diabetes melitus (DM). Mereka menciptakan sebuah gel dari cangkang udang yang bisa meningkatkan proses penyembuhan luka itu.

Ini adalah hasil penelitian Alfiyatul Fithri, Rizki Ardiansyah, dan Wahyu Puji Pamungkas. Ketiganya adalah mahasiswa UNS yang penelitiannya lolos mendapatkan pendanaan dari Program Kreativitas Mahasiswa Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) 2019.

Gel ini diberi nama OLEFIL yang merupakan singkatan dari “Wound Plaster from Shrimp Shells-Eel”. Salah satu bahan dasar pembuatan gel ini adalah kitosan, senyawa bersifat antibakteri yang banyak ditemukan pada udang.

Penggunaan cangkang udang dipilih karena Indonesia menghasilkan banyak limbah jenis ini. Negara dengan ibu kota Jakarta ini menghasilkan limbah cangkang udang sekitar 20 ton setiap harinya.

Hasil laut, udang.

Selain itu, gel juga menggunakan ikan sidat, salah satu ikan yang mengandung albumin tinggi. Albumin adalah protein yang berfungsi untuk mengatur tekanan dalam pembuluh darah.

“Berdasarkan potensi kitosan dan ikan sidat, maka saya dan tim menciptakan OLEFIL (Wound Plaster from Shrimp Shells-Eel), yaitu plester luka inovatif dengan bahan dasar kombinasi kitosan dan ikan sidat sebagai solusi penyembuh luka DM terinfeksi bakteri MRSA,” ujar Fithri, seperti dikutip dari laman resmi UNS.

Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mencatat adanya peningkatan kematian akibat diabetes melitus. Pada 2012, kematian akibat penyakit ini adalah 1,2 juta. Angka itu meningkat menjadi 422 juta pada 2014.

Pasien diabetes tak masalah makan coklat.

MRSA atau methicillin-resistant staphylococcus aureus adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus. Potensi luka penderita diabetes melitus terinfeksi ini bisa mencapai lima kali lipat. Hal itu bisa menyebabkan luka semakin memburuk dan bisa membuat penderita luka harus menjalani amputasi.

Tujuan utama OLEFIL adalah pertolongan pertama penanganan terhadap luka. Gel ini diharap mempercepat proses penyembuhan luka pada penderita diabetes sehingga tidak perlu sampai diamputasi.

Melanie Putri

Tidak ada komentar