Ceriwis
Home » Umum » Demi Mencegah Koemntar Bully, Instagram Buat Fitur Terbaru

Demi Mencegah Koemntar Bully, Instagram Buat Fitur Terbaru

Seseorang memotret logo Instagram.

Ceriwis – Media sosial seperti Instagram kini sering menjadi saluran untuk merundung atau bully seseorang. Melihat tindakan itu cukup meresahkan, Instagram berinisiatif meluncurkan fitur terbaru untuk mencegah aksi perundungan di platform-nya.

Fitur baru kali ini bisa mencegah pengguna memberikan komentar negatif yang bernada perundungan di suatu posting-an foto di Instagram. Fitur ini menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk mendeteksi komentar yang intimidasi.

“Selama bertahun-tahun sekarang, kami telah menggunakan kecerdasan buatan untuk mendeteksi intimidasi dan jenis konten berbahaya lainnya dalam komentar, foto, dan video,” tulis Head of Instagram, Adam Mosseri, dalam pernyataan resminya, Selasa (9/7).

Lebih lanjut, fitur baru berteknologi AI ini bakal secara otomatis memberi peringatan kepada pengguna, ketika mengetik komentar yang mungkin dianggap ofensif sebelum di-posting.

Fitur anti bully di Instagram.

AI akan mempelajari kata-kata yang mengandung intimidasi untuk memperingati pengguna saat menulis komentar. Fungsi ini diharapkan bisa memberi kesempatan bagi pengguna untuk merefleksikan atau membatalkan komentar mereka.

Fitur ini telah diuji coba oleh Instagram. Hasil pengujiannya menunjukkan, peringatan dari fitur tersebut bisa mendorong beberapa orang untuk membatalkan komentar mereka dan membagikan sesuatu yang tidak begitu menyakitkan.

Selain fitur cegah komentar bully, Instagram juga menawarkan cara baru untuk melindungi akun dari interaksi yang tidak diinginkan. Fitur yang disebut Restrict ini akan membatasi seseorang berkomentar di posting-an pengguna.

Fitur anti bully di Instagram.

Setelah kalian mengaktifkan Restrict pada suatu akun, ketika akun tersebut meninggalkan komentar di posting-an kalian, maka komentar tersebut hanya dapat dilihat oleh kalian berdua sementara pengguna lain tidak. Ada opsi untuk menampilkan komentar akun yang diberi Restrict tersebut, sehingga pengguna lain bisa membacanya.

Orang-orang yang dibatasi tidak akan dapat melihat ketika pengguna sedang aktif di Instagram atau telah membaca pesan mereka.

Fitur Restrict baru akan mulai memasuki tahap pengujian. Belum diketahui kapan fungsi baru ini dirilis untuk semua pengguna Instagram di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Melanie Putri

Tidak ada komentar