Ceriwis

Demi Menertibkan Google dan Facebook, Australia Buat Lembaga

Facebook

Ceriwis – Australia menyampaikan akan mendirikan lembaga pertama dunia yang didedikasikan untuk menertibkan Facebook dan Google dalam rangka reformasi yang dirancang untuk mendisiplinkan perusahaan teknologi raksasa Amerika.

Kebijakan ini memperketat aturan-aturan yang berlaku untuk platform daring, yang pemerintah berbagai negara berlomba-lomba menangani permasalahan relevan seperti monopoli hingga penyebaran ujaran kebencian dan berita palsu.

Menkeu Australia Josh Frydenberg mengatakan denda 5 milyar dolar AS yang dijatuhkan ke Facebook oleh Amerika bulan ini atas kelalaian privasi menunjukkan keseriusan regulator menyikapi masalah tersebut.

“Perusahaan-perusahaan ini di antara yang terkuat dan termahal di dunia,” kata Frydenberg kepada wartawan di Sydney yang dikutip Reuters.

“Mereka harus bisa bertanggungjawab dan aktivitasnya mesti transparan.”

Australia akan membentuk cabang khusus dari KPPU yang mengurusi bagaimana perusahaan memanfaatkan algoritma untuk mencocokkan pengiklan dengan pemirsa, memberikannya pengawasan terhadap sumber pemasukan utama operator media.

Dinas baru ini merupakan salah satu dari 23 rekomendasi dalam laporan ACCC, termasuk juga penguatan hukum privasi, perlindungan untuk media dan kode etik yang mewajibkan persetujuan regulator untuk mengatur bagaimana raksasa internet mendapat laba dari konten pengguna.

Frydenberg mengatakan pemerintah ingin menguak tabir dari algoritma yang sangat dilindungi oleh perusahaan untuk mengoleksi dan memonetisasi data pengguna dan menerima kesimpulan ACCC terhadap perlunya dilakukan reformasi.

Bella Priscilla