Ceriwis

di iOS dan Android, Mario Kart Tour Menjadi Game Nintendo Terpopuler

Game Mario Kart Tour
Ceriwis – Usianya belum genap satu bulan, game Mario Kart Tour sudah layak dinobatkan sebagai game mobile besutan Nintendo yang paling populer. Hal itu diungkap oleh perusahaan analis pasar aplikasi mobile, Sensor Tower, yang menyebut game itu sangat laris di kalangan pengguna iPhone dan smartphone Android.
Berdasarkan data yang dihimpun Sensor Tower, setelah diluncurkan pada 25 September lalu, game Mario Kart Tour langsung di-download sebanyak 90 juta kali. 60 persen di antaranya, atau sekitar 53,5 juta download, terjadi di platform Android. Sisanya atau sekitar 36,5 juta terjadi di perangkat iOS.
Itu adalah sambutan termeriah yang pernah terjadi pada game besutan Nintendo. Sebelumnya, gelar game mobile Nintendo terpopuler didapuk oleh Animal Crossing: Pocket Camp dengan jumlah download sebesar 14,3 juta kali dalam satu minggu setelah diluncurkan.
Game Mario Kart Tour
Di posisi ketiga ada game Super Mario Run yang berhasil meraih jumlah download sebanyak 13 juta kali dalam waktu satu minggu setelah peluncuran. Angka itu masih jauh di bawah popularitas Mario Kart Run dengan enam hingga tujuh kali jumlah download dibanding kedua game pendahulunya.
Namun, melejitnya popularitas Mario Kart Tour tidak sebanding dengan pemasukan yang terima Nintendo. Perusahaan disebut hanya menerima pendapatan sekitar 12,7 dolar AS dalam satu minggu lewat game baru ini. Sementara Super Mario Run bisa menghasilkan 16,1 juta dolar AS.
Game Mario Kart Tour
Mario Kart Tour juga masih kalah jauh dari sisi pendapatan ketimbang Fire Emblem Heroes yang hanya meraih angka 8,1 juta kali download selama minggu pertama. Game Fire Emblem Heroes mampu menghasilkan 28,2 juta dolar AS selama satu minggu pertama berkat monetize atau pembelian di dalam aplikasi.
Uniknya, pengguna iOS menjadi penyumbang terbesar pendapatan Nintendo dari game Mario Kart Tour dengan persentase 75,5 persen atau 9,6 juta dolar AS. Sementara pengguna Android hanya memberikan andil sebesar 3,1 juta dolar AS atau 24,5 persen.
Bisa disimpulkan rata-rata setiap unduhan iOS menghasilkan pendapatan 0,26 dolar AS, sedangkan gamer Android hanya menyumbang 0,06 dolar AS. Patut kita tunggu apakah tren positif ini akan terus berlanjut untuk pekan-pekan berikutnya atau tidak.

Bella Priscilla