Ceriwis

di Twitter Doa Netizen Berkumandang Untuk Wilayah Tangkuban Parahu yang Erupsi

Gunung Tangkuban Parahu.

Ceriwis – Gunung Tangkuban Parahu di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, erupsi pada Jumat (26/7) sekitar pukul 15.48 WIB. Erupsi tersebut menimbulkan kolom abu dengan tinggi sekitar 200 meter di puncak gunung.

Peristiwa alam ini menarik simpati masyarakat Indonesia. Sejumlah kicauan soal Gunung Tangkuban Parahu memenuhi lini masa Twitter.

Ada yang melaporkan situasi terkini Gunung Tangkuban Parahu, hingga memberi doa untuk para warga sekitar dan juga Bandung.

Hingga berita ini ditayangkan, Tangkuban Parahu sudah masuk dalam daftar trending topic Twitter Indonesia, dengan lebih dari 5.000 tweet.

Menurut Badan Geologi Kementerian ESDM, erupsi terjadi selama 5 menit 30 detik. Abu yang keluar dari kawah saat erupsi berlangsung mengarah ke timur laut dan selatan.

Saat ini, status Gunung Tangkuban Parahu berada di level I atau normal. Pendaki gunung itu diminta tidak turun mendekati dasar Kawah Ratu dan Kawah Upas, serta tidak diperbolehkan menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif.

Saat cuaca mendung, pendaki diminta untuk meninggalkan kawasan Gunung Tangkuban Parahu saat mendung dan hujan dikarenakan terdapatnya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan kehidupan manusia.

Sementara warga sekitar juga diharapkan waspada dengan kondisi gunung ini. Masih ada kemungkinan letusan freaktik yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Melanie Putri