From 'Ponzi' to 'We're Working on It’ — BIS Chief Reverses Stance on Crypto

Ceriwis – Kepala Bank Penyelesaian Internasional (BIS) telah muncul untuk berbalik mengaktifkan penerbitan mata uang digital setelah wawancara baru dengan Financial Times pada 30 Juni.

Berbicara kepada publikasi tersebut, kepala BIS Augustin Carstens secara aktif mendukung pembuatan dan penerbitan versi digital mata uang fiat nasional.

“Banyak bank sentral yang mengerjakannya; kami sedang mengerjakannya, mendukung mereka, ”katanya.

“Dan mungkin itu lebih cepat daripada yang kita pikirkan bahwa ada pasar dan kita harus mampu menyediakan mata uang digital bank sentral.”

Komentar itu mengejutkan banyak orang, datang hanya beberapa bulan setelah Carstens dengan tegas menyarankan agar tidak mengeluarkan mata uang digital semacam itu. Dalam pidatonya di bulan Maret, ia mencantumkan berbagai risiko bagi bank yang mempertimbangkan hal itu, dengan alasan inovasi tidak boleh datang terlalu cepat.

Selain itu, BIS dan Carstens sendiri adalah pengkritik vokal cryptocurrency yang terdesentralisasi seperti bitcoin (BTC).

Tahun lalu, ia menggambarkan bitcoin sebagai kurang memiliki kemampuan untuk berfungsi sebagai uang dan mengarahkan orang-orang muda untuk “berhenti berusaha menciptakan uang.”

“… Jika Anda melihat dari dekat, cryptocurrency, singkatnya, gelembung, skema Ponzi dan bencana lingkungan – yang terakhir karena konsumsi energi yang tinggi diperlukan untuk menjalankan infrastruktur cryptocurrency ini,” katanya dalam Juli.

Baru-baru ini, BIS telah keluar kritis tentang protokol cryptocurrency Libra baru Facebook, sama karena fakta itu menyerupai uang di luar kendali pemerintah.