Ceriwis

Dukungan untuk Mata Uang Digital Libra Milik Facebook Telah Ditarik oleh PayPal

Libra, mata uang virtual dari Facebook.
Ceriwis – Mata uang digital bikinan Facebook, Libra, terus mendapatkan tantangan. Sejumlah negara telah menolak keras adanya Libra, sehingga peluncuran yang sudah dijadwalkan pada Juni 2020 kemungkinan akan diundur.
Kondisi ini semakin buruk, dengan PayPal yang memutuskan untuk menarik diri dari anggota Libra Association. Perusahaan finansial itu tak lagi menjadi bagian dari organisasi nirlaba yang beranggotakan 28 lembaga atau perusahaan yang dibentuk pada Juni 2019 untuk mengawasi Libra.
PayPal tidak mengungkap alasan mereka menarik diri dari Libra Association. Namun, Paypal tetap mendukung Libra dan menyatakan masih menjalin kemitraan dengan Facebook untuk mengembangkan bisnisnya.
Libra Association.
“Untuk tidak lagi berpartisipasi dalam Asosiasi Libra pada saat ini dan untuk terus fokus pada memajukan misi dan prioritas bisnis yang ada saat kami berusaha untuk mendemokratisasikan akses ke layanan keuangan untuk populasi yang kurang terlayani,” jelas PayPal dalam pernyataannya, seperti dikutip The Verge.
“Kami tetap mendukung aspirasi Libra dan berharap untuk melanjutkan dialog tentang cara-cara untuk bekerja sama di masa depan,” terangnya.
Sebuah laporan yang diterbitkan oleh Financial Times mengatakan, PayPal telah mulai menjauhkan diri dari proyek Libra di tengah pengawasan ketat dari regulator. Sikap PayPal yang menjauh hingga mengundurkan diri disebut karena khawatir bagaimana platform Libra nanti akan memerangi kegiatan pencucian uang.
Logo mata uang digital Libra.
Mundurnya PayPal dari keanggotaan tak jadi masalah bagi Head of Policy and Communication Libra Association, Dante Disparte. Ia menegaskan kembali komitmen lembaganya untuk membangun jaringan pembayaran modern dengan cryptocurrency atau mata uang kripto Libra.
“Dibutuhkan keberanian dan ketabahan tertentu untuk melakukan upaya yang sama ambisiusnya dengan Libra peluang generasi untuk memperbaiki keadaan dan meningkatkan inklusi keuangan,” tulis Disparte.
Kehilangan PayPal, bukan pertanda baik bagi proyek Libra. The Wall Street Journal juga melaporkan pada awal pekan ini, baik Mastercard dan Visa, serta platform pembayaran digital Stripe, juga mempertimbangkan penarikan dari asosiasi karena masalah pencucian uang yang serupa.

Clara Marissa