Europol Shuts Down Counterfeiting Ring Which Sold .44M for BitcoinCeriwis – Polisi Portugal dan Europol telah menyita dana senilai € 70.000 ($ 77.200) dalam apa yang mereka sebut sebagai salah satu operasi pemalsuan paling canggih yang pernah ada.

€ 1,3 juta uang kertas palsu terjual sejak 2017

Seperti yang dilaporkan outlet berita harian Brasil, Sputnik dan lainnya pada 10 September, penegak hukum berhasil menjatuhkan cincin, yang menjual uang kertas palsu di web gelap dengan imbalan Bitcoin (BTC).

Dalam aksi sejak 2017, operasi ini menciptakan € 1,3 juta uang palsu. Pemimpin, dari Portugal, ditemukan dan diekstradisi dari Kolombia minggu ini.

Menurut polisi, catatan itu adalah beberapa pemalsuan kualitas terbaik yang pernah mereka temui, dengan fitur seperti tanda air dan hologram.

“Seringkali mereka hanya terdeteksi ketika memasuki deposito bank. Dalam hal perdagangan normal, mereka adalah uang kertas yang lulus dengan mudah, ”kata koordinator penyelidikan polisi, Luís Ribeiro, dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh Sputnik.

Mengganti uang mudah dengan uang keras

Berita ini mencolok untuk menyoroti preferensi pelaku untuk mata uang keras yang tak terlupakan – Bitcoin – lebih dari fiat yang dapat dicetak.

Ini adalah kisah peringatan kedua yang muncul dari Eropa dalam beberapa pekan terakhir, setelah kekhawatiran akan ditemukannya batangan emas palsu di brankas beberapa lembaga terkenal di dunia.

Seperti yang dilaporkan Ceriwis, sekitar 1.000 batang palsu telah ditemukan, tetapi para ahli khawatir pasokan lengkapnya jauh lebih besar.

“Bitcoin memperbaiki ini,” Francis Pouliot, pendiri platform konsumen Bitcoin Kanada Bull Bitcoin, kemudian berkomentar, merujuk pada kemampuan individu untuk memverifikasi transaksi Bitcoin dengan menjalankan node jaringan penuh.