Ceriwis

Fakta-fakta Harry Potter yang mungkin belum kamu ketahui, gak disangka

Mungkin kita sudah merasa jadi Potterhead sejati karena berkali-kali menonton film atau membaca buku Harry Potter.

Namun, ternyata masih ada fakta tersembunyi yang entah gimana, sampai terlewatkan oleh kita. Hmm… kayaknya kita harus lebih teliti lagi, nih.. Penasaran kan?

Ini dia 10 fakta tersembunyi tentang Harry Potter yang selama ini nggak kita ketahui dan pasti bikin kaget.

1. Ketika meninggal di Battle of Hogwarts, Lord Voldemort wafat di usia 71 tahun, karena dia lahir tanggal 31 Desember 1926.

2. Tahu enggak kalau nomor yang dipencet oleh Arthur Weasley ketika dia masuk ke box telepon untuk bisa sampai ke Ministry of Magic bareng Harry itu 6-2-4-4-2. Kalau dibaca huruf-huruf yang ada di angka tersebut, akan terbaca ‘MAGIC’.

3. Selama ini kita akrab dengan peron 9 ¾. Tapi, ada juga peron 7 ½ di stasiun King Cross. Peron ini khusus untuk kereta jarak jauh dan menjadi tempat persinggahan penyihir dari seluruh Eropa.


4. Motto sekolah Hogwarts berbunyi Draco dormiens nunquam titillandus, yang berarti ‘jangan mengganggu naga yang sedang tidur.’

5. J.K. Rowling menggunakan pengalamannya saat depresi karena kematian ibunya sebagai inspirasi dan contoh dari Dementor, juga perasaan yang ditimbulkan oleh Dementor saat kita bertemu dengan Dementor.

 

6. Sebelum mulai syuting film Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, sutradara Alfonso Cuaron menyuruh Daniel Radcliffe, Emma Watson dan Rupert Grin menulis esai soal karakter mereka.

Emma menulis 16 halaman, Daniel 1 halaman dan Rupert tidak mengumpulkan sama sekali. Benar-benar sesuai karekternya, ya?

 

7. Di pemakaman Greyfriars Kirk di Edinburgh, ada makam tua dengan nama Thomas Riddle, William McGonagall, dan Elizabeth Moodie. Katanya sih dari sinilah Rowling mendapat inspirasi untuk membuat nama-nama tokoh rekaannya.

8. Ketika casting, Tom Felton mencoba peran Harry Potter. Akhirnya dia mendapat peran sebagai Draco Malfoy.

9. Kemunculan sekilas tentang Deathly Hallows “Relikui Kematian” di seri ke empat Goblet of Fire. Dumbledore bahkan berkata, “Kamu tahu Harry, aku mencari dan mencari sesuatu, sebuah detail kecil. Sesuatu yang mungkin sudah sering kulihat, sesuatu yang akan menjelaskan mengapa hal mengerikan ini terjadi. Setiap kali aku dekat dengan jawaban itu, dia menghilang. Ini memuakkan.”

10. Untuk waktu yang lama, J.K. Rowling berencana untuk mengakhiri buku terakhir Harry Potter dengan kata ‘scar’ alias bekas luka, tapi akhirnya dia memutuskan untuk menuliskan ‘all was well’ atau semua baik-baik saja.

____

@Ifnur.Hikmah

Editor Baik