Ceriwis

Fakta-fakta tentang Dede Richo Idol, dari idola menjadi pencuri mobil

Ceriwis – Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol, Dede Richo Ramalinggam atau yang dikenal dengan nama Richo Idol mendadak menjadi perbincangan warganet di media sosial. Bukan soal prestasi menyanyi, namun, pria asal Medan tersebut viral lantaran dirinya diduga melakukan tindakan pencurian bersama sang kakak.

Finalis Indonesian Idol 2008 tersebut diringkus satuan Vipers Polsek Serpong saat melancarkan aksi pembobolan terhadap sebuah mobil yang terparkir di depan sebuah restoran cepat saji di bilangan BSD, Lengkong Gudang, Serpong, Tangerang Selatan pada Sabtu (15/9). Bersama sang kakak Deni Fredla, dirinya diduga menjadi komplotan pencuri dengan modus membobol kaca mobil.

Dilansir Ceriwis dari Liputan6 Jumat (20/9), aksi ini terungkap lantaran pemilik mobil melaporkan kejadian pencurian kepada pihak polisi. “Satu unit tas berisi video drone berhasil dicuri dari mobil korban,” kata Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Ferdy Irawan.

Terlibat kasus kejahatan, berikut 5 fakta Dede Richo yang sang finalis Indonesian Idol Season 5.

1. Pernah mengikuti ajang pencarian bakat, Indonesian Idol.

 View Image

foto: youtube.comDede Richo berhasil mencuri perhatian juri saat audisi Indonesian Idol 2008 dengan menyanyikan lagu Aku Mau milik penyanyi Once. Berbekal suara emas dan juga kepiawaiannya memetik gitar akustik, Dede Richo berhasil lolos ke babak Spektakuler Show dan bersaing dengan finalis lainnya seperti Gisela Anastasia dan Aris Idol, Kunto Aji dan lain sebagainya. Sayangnya, pria kelahiran 22 September 1989 ini harus tersingkir di fase 9 besar yang membuatnya mesti meninggalkan kompetisi.


2. Pernah jadi pengamen.

 View Image

foto: youtube.comSebelum mengadu nasib di Indonesian Idol, Dede Richo ternyata pernah bekerja sebagai pengamen di kota Medan. Dirinya mengamen di beberapa ruas jalan di Medan selama kurang lebih 2 tahun lamanya. Setelah itu, Dede Richo mengikuti audisi Indonesian Idol di Medan dan berhasil lolos hingga ke Ibukota.


3. Belajar membobol kaca mobil dari YouTube.

 View Image

foto: merdeka.comDiduga menjadi komplotan pembobol mobil, rupanya Dede Richo mempelajari teknik tersebut melalui video-video di situs YouTube. Dirinya kemudian berbagi tugas dengan sang kakak. Deni bertugas menjadi joki untuk berjaga-jaga jika aksi tersebut ketahuan, sedangkan Dede Richo menjadi eksekutornya.


4. Merampok untuk memenuhi kebutuhan.

 View Image

foto: merdeka.comAksi membobol mobil ini dilakukan Richo dengan alasan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Setelah keluar dari Indonesian Idol, dirinya mengalami kondisi keuangan yang sulit sehingga mengambil jalan pintas dengan mencuri. Hasil curian juga diakuinya untuk membiayai sekolah kedua anaknya.


5. Melakukan aksi kejahatan selama 10 bulan dengan total 10 kali pencurian.

 View Image

foto: merdeka.comTerjerumus dalam dunia hitam, Dede Richo dan sang kakak ternyata telah melancarkan aksi pencurian ini selama kurang lebih 10 bulan. Selama kurun waktu tersebut, Dede Richo dan sang kakak telah melakukan 10 kali tindakan pencurian. Sebelum ditangkap, Richo sempat melawan aparat hingga petugas terpaksa mengeluarkan tembakan untuk melumpuhkannya.

Editor Baik