Ceriwis

Fitur Hapus Pesan Otomatis dalam Batas Waktu Tertentu Telah Diuji oleh WhatsApp

Logo WhatsApp di baju.
Ceriwis – Aplikasi pesan instan populer, WhatsApp, kabarnya sedang mengembangkan fitur baru yang memungkinkan sebuah pesan terhapus sendiri secara otomatis dalam batas waktu tertentu. Fitur bernama ‘disappearing messages‘ ini mulai diuji coba dalam aplikasi Android versi 2.19.275.
Menurut blog yang terkenal dengan bocoran update WhatsApp, WABetaInfo, uji coba tersebut baru tersedia dalam versi beta. Jadi, belum semua perangkat bisa menjajal fitur tersebut untuk saat ini.
WhatsApp masih menguji apakah fitur ini akan bermanfaat untuk penggunanya dan juga memastikan tidak ada bug lagi apabila ingin dikeluarkan secara luas nantinya. Pihak WhatsApp juga belum memberitahu kapan fitur ini dapat dinikmati untuk penggunannya secara umum.
Ilustrasi pengguna Whatsapp.
Hadirnya fitur ‘disappearing messages‘ ini akan membantu pengguna yang ingin mengirimkan pesan sensitif kemudian pesan itu tidak ingin bisa dibaca secara permanen oleh si penerima. Jadi, pengguna akan mengatur waktu kapan pesan itu akan terhapus secara otomatis setelah dikirim dan dibaca oleh penerima.
Sebelumnya, kita telah melihat fitur ini di aplikasi pesan pesaingnya, Telegram, yang memiliki fitur serupa bernama Secret Chats. Gmail juga telah menambah fitur menghapus pesan secara otomatis pada tahun lalu.
Ilustrasi WhatsApp
Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna WhatsApp nantinya hanya perlu mengaktifkan fitur ’disappearing messages’ yang tersedia di pengaturan grup. Tidak jelas apakah fitur tersebut hanya berlaku untuk chat di grup atau dapat berfungsi pula di chat personal.
Selain itu, dalam bentuk beta, pengguna hanya diberikan dua pilihan durasi waktu untuk menghapus pesan secara otomatis, antara 5 detik atau 1 jam. WABetaInfo sendiri mengatakan bahwa bentuk final dari fitur ini masih sangat mungkin untuk berubah.

Bella Priscilla