Sepatu Ballet

16th February 02:49 PM Exorcist#1
Hobby Kategory: Dancing

Pernahkah Anda menyaksikan pertunjukan tarian balet? Tak hanya keindahan tarian ataupun kostum balet dan sepatu balet yang mempesona, Anda tentu juga akan terkesima melihat kelenturan tubuh para penari yang melakukan gerakan-gerakan yang luar biasa.

Misalnya berputar dengan tumpuan satu kaki, melengkungan tubuh sampai menyentuh lutut, mengangkat kaki tinggi-tinggi dengan lurus. Rasa-rasanya tubuh mereka bagaikan karet yang tak memiliki tulang. Tahukah Anda darimana tarian balet yang unik ini berasal?

Dalam menari balet ada salah satu teknik tariannya yang disebut sebagai en pointe atau pointe work, yaitu gerakan berjinjit hingga ujung kaki sambil melakukan gerakan-gerakan balet. Teknik ini dilakukan dengan sepatu khusus yang berujung keras yang disebut pointe shoes (sepatu balet berpita). Sepatu balet memang terkesan unik tidak seperti sepatu yang kita kenakan sehari-hari.

Ini memang sengaja dibuat agar sepatu balet nyaman dan tidak menyebabkan cedera kaki ketika memakainya. Umumnya, para penari balet akan menggunakan alas sepatu yang terbuat dari satin dengan sol yang bisa ditekuk, dan ujung jarinya terbuat dari kanvas, serat hessian, kertas, dan lem.

Beda Teknik, Beda Sepatu

Teknik dalam balet sangat beragam. Untuk mempelajari teknik-teknik tersebut, para penari balet menggunakan sepatu balet yang berbeda. Misalnya saja, sebelum mulai belajar pointe work, beberapa penari menggunakan sepatu demi-pointe (setengah pointe) atau yang disebut juga sepatu pre-pointe (soft block). Sepatu itu dirancang dengan sol yang lemas, namun penampilan luarnya seperti serupa dengan pointe shoes (sering disebut sepatu balet lembut/ soft shoes).

Tampilan sepatu demi-pointe memang hampir sama dengan sepatu en pointe, bagian ujung jari dirancang persis sama seperti sepatu pointe. Memakai sepatu demi-pointe ini agar para penari pemula akan terbiasa ketika akan benar-benar mempelajari teknik menari pointe work (en pointe).

Sejarah Balet

Ballet atau dibaca balle berasal dari Italia dan berkembang di Prancis. Adalah seorang Domenico da Piacenza yang pertama kali menggunakan istilah ballo dalam karyanya De Arte Saltandi et Choreas Ducendi lebih dikenal sebagai balleti atau balli dan kini terkenal menjadi ballet.

Penggunaan istilah tersebut terlahir oleh Balthasar de Beaujoyeulx dalam Ballet Comique de la Royne pada 1951 yang merupakan drama balet (ballet comique). Di tahun yang sama, Fabritio Caroso menerbitkan panduan praktis teknis mengenai menari balet II Ballarino. Hal tersebut membuat Italia menjadi pusat utama berkembangnya tali balet.

Tahukah Anda? :tanya:

Capezio merupakan sebuah perusahaan Amerika yang didirikan pada 1887 yang membuat ballet shoes (sepatu balet). Pada 1944, Claire McCardell membujuk Capezio untuk membuat pumps (sepatu tertutup tanpa hak dan tak bertali) yang terinspirasi dari sepatu balet. Sepatu ini kemudian menjadi sangat popular secara luas.

1st May 03:23 PM indah75#2
Selama ini tahunya sepatu balet semua flaat ya? Apkah ada yang berhak gak ya?