Mandi Seka Buat Bayi Ada Caranya

3rd June 07:09 PM emmpokbibah#1
Ada kalanya nih bayi mandi hanya diseka saja saat sedang berpergian jauh, sebagai contoh ketika berada di pesawat. Si kecil tetap perlu mandi agar dia merasa segar, nyaman dan tidak rewel. Bagaimana caranya agar mandi seka ini tetap nyaman untuk si kecil dan tubuhnya tetap segar dan bersih? Yuk simak

Persiapkan hal ini dari rumah

Dua wadah atau ember ukuran kecil dan sedang atau cukup dengan gayung saja karena bayi tidak mandi berendam
Perlak yang dapat dibersihkan bila kena air
Sabun atau body wash 2 in 1
Waslap minimal 2
Handuk bayi
Kantong plastik untuk membungkus baju kotor dan handuk habis pakai

Tahap-tahapnya

Isi ember pertama dengan air sabun, dan ember kedua dengan air bersih. Lalu isi air dalam wadah sekitar 10 cm tingginya, dan pastikan juga air yang digunakan bersuhu sekitar 38 derajat celsius (cukup hangat)
Letakkan handuk di atas perlak yang sudah dibentangkan. Siapkan perlengkapan mandi dan pakaian bersih
Setelah semua perlengkapan mandi selesei disiapkan, buka baju bayi. Letakkan bayi di atas handuk. Celupkan waslap ke ember berisi air sabun sedikit saja (waslap tak perlu basah seluruhnya)
Secara perlahan seka tubuh bayi dengan waslap tersebut mulai dari wajah, rambut (jika ada kotoran di sudut mata atau lubang hidung seka beberapa kali untuk melembutkannya sebelum dibasuh), kemudian lanjutkan ke bagian tubuh, terus ke bagian genital dan terakhir kaki.
Gunakan waslap yang kedua, celupkan ke ember berisi air bersih. Bilas tubuh bayi dengan menyeka tubuhnya seperti langkah tadi. Pastikan tak ada sisa sabun yang menempel di tubuhnya. Selama proses menyeka dan membilas, ajak bayi bicara, bercanda atau bernyanyi agar dia merasa tenang dan nyaman
Keringkan tubuh bayi dengan handuk dengan cara ditepuk-puk mulai dari kepala, tubuh, tangan, dan kaki. Pastikan pula lipatan tubuh bayi seperti ketiak, belakang lutut, leher, dan lipatan kulit genitalnya kering dan bersih.
Kenakan popok yang nyaman dan lembut agar tidak bergesekan dengan kulit bayi yang dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan, dan pakaian bersih yang bahannya lembut dan adem dipakai. Jika suhu sekitar ber-AC, tubuh bayi dioleskan minyak telon di bagian perut dan punggungnya sambil dipijat agar bayi merasa nyaman, dan jika udaranya dingin bayi boleh dibedong agar dia merasa hangat.

Perhatikan cuacanya, jika udara sedang dingin, tunda dulu mandi seka, lebih baik seka dengan tisu basah non alkohol di wajah, tangan, dan kakinya. Yang penting, ganti bajunya agar bayi merasa nyaman.

Note :

Jika berpergian dengan pesawat, gunakan baby taffel di toilet pesawat, namun jangan lupa tetap bawa perlak dan handuk untuk melapisi baby taffel. Air hangat tersedia di washtaffel pesawat.
Jika menggunakan kereta api, mandikan saja bayi ditempat duduk, karena toilet kereta api Indonesia belum memadai untuk bayi

sumber : ayahbunda
25th July 04:49 PM anakpenurut#2
pakai minyak telon konicare biar hangat si kecil bun
31st May 05:57 PM JR21#3
nice gan, bermanfaat ...


BERITA TEKNOLOGI TERBARU >> DISINI
14th July 07:45 PM Veronia21#4
Ane malah baru tahu nih gan Tipsnya. . .




Berita Sepak Bola
30th September 12:36 AM rifki2307#5
Quote Originally Posted by anakpenurut »

pakai minyak telon konicare biar hangat si kecil bun


minyak sayur bisa ??



Berita Sepak Bola -|- Berita Teknologi Terbaru