Kambing Premium, Fenomena Unik Idul Adha 2016

10th September 04:48 AM Gusnan#1


Perayaan Idul Adha selalu identik dengan hewan kurban. Setiap menjelang hari raya, banyak lapak-lapak pedagang yang menjajakan hewan kurbannya kepada konsumen.

Untuk tahun ini ada fenomena unik yang terjadi, yaitu konsumen tertentu mencari hewan kurban jenis kambing premium dengan harga yang sebanding dengan satu ekor sapi.
Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Perkumpulan Peternak Kambing Indonesia (Perkapin) Darwin Saragih.
"Ada fenomena menarik, khususnya pembeli etnis tertentu menginginkan kambing warna putih, dengan bobot 90 kilogram ke atas, dan bertanduk," ungkap Darwin kepada Kompas.com, Jumat (9/9/2016).
Darwin menjelaskan, dengan kategori tersebut, kambing jenis itu termasuk ke dalam jenis kambing premium karena harganya melampaui kambing pada umumnya.
"Soal harga tidak masalah bahkan mereka berani bayar Rp 12 juta sampai Rp 15 juta per ekor," jelasnya.
Menurutnya, ada hal-hal yang terkait dengan kepercayaan bila bisa kurban dengan kambing jenis tersebut.
"Mungkin soal keyakinan, bahwa hewan kurban adalah kendaraan di akhirat, jadi cari kambing yang besar, putih dan bertanduk," tambahnya.
Darwin mengatakan, kambing jenis premium itu memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan kambing jenis regular.
"Jelas ada bedanya, kambing biasa maksimal kisaran beratnya 50 kilogram, kalau jenis premium sanen atau turunannya bisa capai 100 kilogram per ekor," pungkasnya.
Sementara itu, Darwin menuturkan, pada tahun ini untuk hewan kurban kambing mengalami kenaikan harga sekitar 7 sampai dengan 10 persen yang diakibatkan oleh ongkos distribusi.
Untuk puncak penjualan, Darwin memprediksi akan terjadi pada hari Minggu yang akan datang, sementara untuk saat ini adalah puncak penjualan hewan kurban melalui online.
"Yang jual lewat online sudah habis tinggal proses pengiriman, saat ini yang masih banyak di lapak-lapak pedagang dadakan, baru mencapai puncak pembelian pada hari minggu besok," paparnya.
4th January 03:15 PM indah75#2
Lumayan mahal juga ya....harganya sampai bisa seharga sapi. Tapi kaua rasa dagingnya sama nggak ya ?
Apakah lebih lezat atau tidak ?
Saya kira semua kambing rasanya sama ya.
7th March 01:20 AM MorganJ#3
Terkadang aneh melihat bagaimana seseorang memutuskan betapa menakjubkan atau berharga hewan itu. Saya pikir hewan seperti itu harus hidup dalam kebebasan, lebih baik seperti ini.
1st August 07:52 PM skylarmartin#4
I'm getting two male dwarf goats one tan and white with blue eyes, and one black and white with brown eyes. I really would like names that are unique and have a meaning. Write My Essay For Me
3rd October 11:29 AM oriana#5
Nice post,i like your article,great way of explanation.Looking for more articles like this, Also check my website happy wheels Thank you!
18th March 12:42 PM happywheelspace#6
Wow this is interesting, happy wheels for free online. Thanks for the post as got to know about this as well.
9th July 03:40 PM runspace#7
This looks unique. People might like it run 3 unblocked free online.