Ceriwis

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.


Mau Pasang Banner/Iklan? Klik disini Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Selama Puasa - Ceriwis - Komunitas dan Forum Jual Beli
  #1  
Old 11th July
emmpokbibah's Avatar
emmpokbibah emmpokbibah is offline
Member Aktif
 
Join Date: Apr 2012
Posts: 251
Rep Power: 8
emmpokbibah mempunyai hidup yang Normal
Default Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Selama Puasa

Gan, selama bulan puasa ini biasanya kebutuhan rumah tangga akan meningkat. Dan meningkatkan kebutuhan tentunya juga akan meningkatkan pengeluaran selama satu bulan itu. Tapi sebaiknya pengeluaran yang tak terkontrol di bulan puasa harus dihindari. Kamu harus pandai-pandai mengatur keuangan rumah tangga selama puasa.

Berikut ini 4 tips bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga selama puasa, monggo disimak:

1. Belanja 2 bulan sebelum bulan puasa
Biasanya nih harga berbagai kebutuhan pokok akan meningkat menjelang bulan puasa. Untuk itu, agar keuangan rumah tangga tak bengkak, beli sembako seperti beras, minyak goreng, bahan makanan tahan lama dan kebutuhan lainnya kecuali sayur atau daging yah 2 bulan sebelumnya. Kalau kamu belinya jelang bulan puasa, siap-siap jadi korban fluktuasi harga.

2. Manfaatkan sayuran
Ikan, daging biasanya mahal selama bulan puasa, hal ini karena naiknya permintaan masyarakat terutama daging. Kamu bisa antisipasi dengan menyiapkan uang lebih atau ganti menu dengan menu yang kandungan gizinya serupa yaitu sayur-sayuran. Harganya murah tapi nutrisinya tak kalah dengan ikan atau daging.

3. Hemat gas
Kegiatan di dapur di bulan puasa ternyata lebih tinggi daripada bulan-bulan biasa. Hal tersebut bisa dilihat dari konsumsi gas untuk memasak di dapur. Jika di bulan biasa biasnya hanya memasak 2 atau 3 menu masakan, tapi saat bulan puasa bisa jadi 5 atau 7 menu masakan. Saran saya, cukup 2 atau 3 jenis menu masakan saja, yang penting nutrisi penting untuk tubuh tetap terpenuhi.

4. Jangan terlalu sering datang ke acara bukber
Iya sih momen bukber atau buka bareng tuh momen spesial berkumpulnya para kerabat. Dan tentunya momen ini sangat menyenangkan. Tapi, di sisi lain pengeluaran juga akan lebih banyak jika terlau sering datang ke acara bukber.

Lebih baik pilih acara bukber yang digelar di tempat yang nyaman dan murah saja. Atau kamu bisa buat acara bukber yang berbeda misalkan bukber di panti asuhan, panti jompo atau bukber bersama anak-anak jalanan. Dapet pahala, sekaligus berbagi kebahagiaan dan gak perlu memboroskan uang.

Kamu bisa ajak teman-teman dan kerabat jadi uang untuk beli makanan berbukanya pun bisa patungan. Berhemat sekaligus beramal bukan?

Itulah cara mengatur keuangan rumah tangga selama bulan puasa. Tidak ada salahnya menerapkan 4 cara di atas agar #FinansialKeluarga tetap terjaga.

Jangan sampai selama bulan puasa ini pengeluaran rumah tangga membengkak.

Sponsored Links.
Loading...
Sponsored Links.
3
  #2  
Old 11th July
jengnuri123's Avatar
jengnuri123 jengnuri123 is offline
Member Aktif
 
Join Date: Apr 2012
Posts: 275
Rep Power: 8
jengnuri123 mempunyai hidup yang Normal
Default

Tips nomor 4 tuh bener banget. Biasanya ajang bukber tuh jadi ajang pemborosan uang karena gak jarang bukanya di resto mahal dan berkelas apalagi untuk para sosialita. Lebih baik beramal, sebagian uangnya bisa ditabung dan digunakan untuk investasi #DBSSmartMoney
  #3  
Old 11th July
wibiwiwibowo's Avatar
wibiwiwibowo wibiwiwibowo is offline
Member Aktif
 
Join Date: Apr 2012
Posts: 176
Rep Power: 0
wibiwiwibowo mempunyai hidup yang Normal
Default

Tips nomor 1 tuh malah jadi ajang numpukin barang, bukannya itu malah bikin barang kebutuhan jadi langka yah? Walau bener juga sih, tapi harus secukupnya biar gak terjadi kelangkaan barang kebutuhan sehari-hari.
  #4  
Old 11th July
antianakalalay antianakalalay is offline
Member Aktif
 
Join Date: Apr 2012
Posts: 126
Rep Power: 0
antianakalalay mempunyai hidup yang Normal
Default

Ikan sih masih ada yang murah asal bukan salmon aja, itu sih emang mahal gak harus pas puasa aja. Sekali-kali sih bolehlah. Tips terakhir boleh juga tuh dilakukan, ajak anak yatim ngabuburit di dufan dan makan di pinggir pantai, hehehe. Tapi ribet juga yah.
  #5  
Old 11th July
jengnuri123's Avatar
jengnuri123 jengnuri123 is offline
Member Aktif
 
Join Date: Apr 2012
Posts: 275
Rep Power: 8
jengnuri123 mempunyai hidup yang Normal
Default

trims buat infonya

Last edited by jengnuri123; 11th July at 06:49 PM.
  #6  
Old 11th July
cintadancintu's Avatar
cintadancintu cintadancintu is offline
Member Aktif
 
Join Date: Apr 2012
Posts: 273
Rep Power: 8
cintadancintu mempunyai hidup yang Normal
Default

DBS Smart money itu apa?
Sponsored Links
Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +7. The time now is 02:52 AM.

 

About Us

"Ceriwis Forum is a place to find information in various categories. Be inspired, Be social, Join the Community!"

 

Pasang Iklan

Mau Pasang Iklan? Klik tombol di bawah ini.

Download on App store    Download on Google play
Copyright © 2018