Ceriwis

Investasi dan Keuangan Segala tentang Investasi dan keuangan dikupas disini


Mau Pasang Banner/Iklan? Klik disini Ini dia Cara Mengatur Uang Agar kantong Tidak Bolong - Ceriwis - Komunitas dan Forum Jual Beli
  #1  
Old 15th July
emmpokbibah's Avatar
emmpokbibah emmpokbibah is offline
Member Aktif
 
Join Date: Apr 2012
Posts: 251
Rep Power: 8
emmpokbibah mempunyai hidup yang Normal
Thumbs up Ini dia Cara Mengatur Uang Agar kantong Tidak Bolong

Akhir bulan atau saat menjelang hari raya ini kita para cewek cenderung tergoda untuk memboroskan uang untuk belanja. Nah gue punya tips nih gimana caranya mengatur uang agar tidak boros. Yuk simak :

1. Hitung-hitung budget
Nah,ngaku deh kita pasti gak terlalu suka memikirkan soal budget kan? Alasan susah atu tidak pernah berhasil biasanya jadi alasan yang sering dilontarkan. Suka atau gak, budget alias anggaran adalah alat penting untuk mengontrol keuangan. Jadi lo bisa melihat seberapa banyak uang yang lo punya, ke mana “larinya” dan seberapa besar yang tersisa. Yang penting, disiplin mematuhi anggaran itu. Untuk itu, lo perlu selalu membawa notes atau catatan kecil berisi daftar belanjaan dalam tas. Jadi jika nantinya pengeluaran lo masih melebihi budget, lo bisa tahu dan masih bisa mengontrolnya.

2. Mulai dari hal yang kecil
Memang sih, biaya hidup sekarang mahal, tapi sebenarnya lo tetap punya kemampuan untuk menabung. Lebih baik lo mulai menabung dengan sedikit uang ketimbang menunggu sampai uang terkumpul banyak tapi malah tak pernah memulainya karena uang tidak kumpul-kumpul. Sisihkan saja sebanyak 10% dari penghasilan untuk ditabung. Kalau ini masih saja sulit, coba cara lama, gunakan celengan, tapi jangan celengan bergembok atau berkunci ya. Lo bisa selipkan 100 ribu setiap gajian ke dalam celengan atau memasukkan koin 500 setiap hari hasil kembalian bus atau belanja di supermarket. Jangan lupa untuk selalu menaikkan uang tabungan, jika gaji lo naik atau cicilan KTA lunas.

3. Lupakan kartu kredit
Membayar tagihan lebih dari pembayaran minimum sebaiknya jadi langkah awal untuk meninggalkan ketergantungan lo pada kartu kredit. Lo pasti tahu pembayaran minimum tidak akan menghapus utang di kartu kredit lo yang terus berbunga di atas bunga. Inilah perlunya lo membuat budget, karena lo bisa melihat besarnya dana yang tersisa dan mungkin bisa menggunakannya untuk membayar utang. Ini bisa mempercepat pelunasan utang tersebut. Alternatif lainnya, lo bisa memanfaatkan program transfer balance dari kartu kredit lain yang menawarkan bunga 0% untuk jangka waktu 6 bulan. Tapi kunci utama terbebas dari utang adalah ubah kebiasaan penggunaan kartu kredit. Lo bisa mulai meninggalkan kartu kredit di rumah atau tidak menunda pembayaran tagihan. Lo juga bisa pakai cara sedikit ekstrim dengan minta pengurangan limit kartu kredit misalnya hanya 2x lipat dari gaji lo. Jadi dengan cara ini, lo akan menggunakan kartu kredit hanya untuk kebutuhan mendesak saja dan bukan untuk kebutuahan konsumtif.

4. Belajar investasi
Nah setelah urusan utang beres, sekarang lo akan punya uang lebih untuk memulai investasi. Tapi yang jadi pertanyaan jenis investasi apa yang cocok? Lo bisa memulainya dengan belajar berinvestasi lewat #DBSSmartMoney yang akan ngajarin lo gimana caranya berinvestasi yang tepat dan mendapatkan pilihan cerdas dalam berinvestasi.


Last edited by emmpokbibah; 15th July at 07:53 PM.
Sponsored Links.
Loading...
Sponsored Links.
9Club Situs Judi Online Terpercaya
  #2  
Old 15th July
antianakalalay antianakalalay is offline
Member Aktif
 
Join Date: Apr 2012
Posts: 126
Rep Power: 0
antianakalalay mempunyai hidup yang Normal
Default

Tips nya menarik dan simpel banget, sangat mudah dipraktekkan. DBS Smart Money itu apa yah? Saya udah coba cari apa itu sejenis tutorial pembelajaran investasi?
  #3  
Old 15th July
cintadancintu's Avatar
cintadancintu cintadancintu is offline
Member Aktif
 
Join Date: Apr 2012
Posts: 273
Rep Power: 8
cintadancintu mempunyai hidup yang Normal
Default

Godaan kartu kredit yang sulit dihindari nih. Harus bisa menahan diri dari godaan kartu kredit
  #4  
Old 15th July
bilbilpilences bilbilpilences is offline
Member Aktif
 
Join Date: Apr 2012
Posts: 137
Rep Power: 0
bilbilpilences mempunyai hidup yang Normal
Default

Harus dimulai dari sekarang belajar berinvestasi dan menabung. hehehe
Sponsored Links
Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +7. The time now is 09:53 PM.

 

About Us

"Ceriwis Forum is a place to find information in various categories. Be inspired, Be social, Join the Community!"

 

Pasang Iklan

Mau Pasang Iklan? Klik tombol di bawah ini.

Download on App store    Download on Google play
Copyright © 2018