Ceriwis

Foto-foto Presiden Jokowi di lokasi pengungsian Gempa lombok

Ceriwis- Tercatat hingga Senin (13/8) kemarin, dampak gempa 7 skala richter menyebabkan 436 orang meninggal dunia menurut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran persnya baru-baru ini. Sebelumnya, gempa berkekuatan 7 skala richter mengguncang Lombok pada Minggu (5/8).

Sejak gempa pada hari Minggu itu, setidaknya ada ratusan kali gempa susulan. Terakhir gempa cukup besar kembali terjadi pada Kamis (9/8) mengguncang Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali hingga melukai lebih dari 1.300 orang.

Sutopo juga menuturkan kalau sebagian besar korban meninggal akibat tertimpa bangunan roboh saat gempa. Data BNPB merilis pengungsi gempa Lombok sudah tersebar ke beberapa kabupaten yakni Lombok Utara 137.182 orang, Lombok Barat 118.818 orang, Lombok Timur 78.368 orang dan Kota Mataram 18.368 orang.

Para pengungsi ini menempati lapangan atau lahan terbuka dengan menggunakan tenda bantuan dari BNPB, TNI, Polri, Kementerian Sosial, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Pemda serta dari NGO. Pada Senin (13/8), Presiden Joko Widodo pun langsung mengunjungi para pengungsi. dan memastikan akan membangun kembali rumah warga Lombok yang rusak akibat gempa.

Tak cuma membangun rumah, pria yang akrab disapa Jokowi ini juga membujuk pengungsi agar bersedia membangun kembali rumah mereka yang hancur dengan teknologi tahan gempa yang disebut RISHA atau Rumah Instan Sederhana.

Berikut 7 potret Jokowi di tenda pengungsian korban gempa Lombok, seperti dihimpun Ceriwis dari akun Instagram @jokowipedia, Selasa (14/8).

1. Presiden Jokowi mengunjungi para pengungsi korban akibat gempa lombok.

2. Mulai Selasa (14/8), bantuan perbaikan rumah warga mulai disalurkan secara bertahap.

3. Jokowi yang berada di tenda pengungsian lapangan Kantor Bupati Lombok Utara pada Senin (13/8) malam membujuk warganya membangun kembali rumah mereka dengan teknologi tahan gempa yang disebut RISHA.

4. Bagi warga yang rumahnya mengalami kerusakan berat, akan mendapat bantuan sebesar Rp 50 juta tiap kepala keluarga.

5. Dalam kunjungannya ke Lombok, Jokowi juga menyempatkan diri menjadi imam salat Maghrib di dalam tenda pengungsian.

6. Teknologi tahan gempa RISHA ini sudah pernah diterapkan di Aceh sebanyak 10 ribu unit setelah bencana Tsunami.

7. Potret Jokowi saat sedang berdialog dengan para pengungsi.

 

Editor Baik

Tidak ada komentar