Ceriwis

Foto kali item yang saat itu masih bening di era Ahok, beneran gak sih?

Ceriwis – Beberapa waktu belakangan Kali Item tengah ramai menjadi perbincangan publik. Hal ini tidak lain karena penutupan Kali Item menggunakan jaring tipis atau waring sebagai upaya mengurangi bau tak sedap yang menguap dari air kali.

Upaya yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ini termasuk dalam rangkaian persiapan untuk menyambut Asian Games 2018 yang akan dimulai pada 18 Agustus 2018 mendatang. Upaya tersebut menuai pro dan kontra dari berbagai pihak.

Seperti yang diketahui, kali yang juga dikenal dengan nama Kali Sentiong itu memang kerap mengeluarkan bau tak sedap. Selain itu, tingkat polusi di Kali Item juga sangat tinggi, sehingga membuat warna air menjadi hitam selama bertahun-tahun.

foto: Facebook/Rifqi Fathullah

Namun baru-baru ini media sosial tengah dihebohkan dengan foto-foto yang menunjukkan kondisi Kali Item yang terlihat jernih. Foto-foto yang diunggah oleh pemilik akun Facebook bernama Rifqi Fathullah pada 26 Maret 2017 itu tidak hanya memperlihatkan Kali Item yang jernih, tetapi juga menjadi tempat berenang anak-anak.

foto: Facebook/Rifqi Fathullah

Dari beberapa foto yang diunggah Rifqi, kondisi Kali Item saat itu terlihat begitu jauh berbeda dengan kondisinya sekarang. Di mana dalm foto-foto tersebut, air di Kali Item tampak bersih dari sampah dan tidak berwarna hitam.

foto: Facebook/Rifqi Fathullah

Beberapa anak juga terlihat asik berenang di kali yang berada di belakang Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta pusat itu. Tidak ada keraguan dari anak-anak tersebut ketika berenang di Kali Item.

foto: Facebook/Rifqi Fathullah

Meski begitu, foto-foto kondisi Kali Item yang saat itu masih berada di bawah kepemimpinan Ahok tersebut ternyata menuai perdebatan dari netizen. Tidak sedikit yang menduga bahwa foto-foto itu merupakan foto editan. Namun ada juga yang membenarkan bahwa itu bukanlah foto editan dan merupakan kondisi asli Kali Item di era Ahok.

Kurang halus editnya,” komentar akun Zulfikor Nurdin.

Tp buat mandi kaga mungkin dah kali itu hahahah liwat ajah mau muntah apa lagi mandi,” tulis akun Bang Aje.

Wkwkwk..kan sdh saya bilang, tiap hr dibersihin ppsu (pasukan orange) sampahnya..yg saya herankan beningnya itu..krn kalinya tdk dalam & dasarnya lumpur.pastilah airnya kecoklatan tanpa ada sampah,” ujar akun Togu P Sitorus.

Ngedit itu yg rapih, jangan amatiran,” tulis akun Muhammad Syaifulloh.

Pinter ngedit nya … warna nya sekalian ungu lebih indah …,” papar akun Sarono Elektronika.

Lho ini kan foto dulu, fokus pada wisma atlit yg masih dlm proses pembangunan.!!” tulis akun Perot.

Sampe gw rela Manjat2 Foto nya ini demi liat Kebenaran, dan ternyata benar postingan foto ini sdh Lamaa dan pas Jaman Pak Ahok.. #JadiKangenPakAhok,” ungkap akun Adam Fernandez Pangaribuan.

Bukan sotosop, tapi saat pengambilan foto itu tone nya diubah sehingga warna kalinya tampak turquoise. Kalo emang itu kotor dan bau, harusnya kali tsb gak digunakan anak2 nyebur Kecuali Mau cari mati,” ungkap akun Sigit Wijanarko.

ya walaupun tidak sejernih yg di foto. tapi paling tidak anak2 tersebut menganggap bahwa kali tersebut cukup jernih untuk berenang. dan yang pasti, tidak bau. mana ada yg mau berenang di kali yang bau. coba sekarang, ada ga itu bocah2 yg mau renang di kali itu?” tambah akun Tensi Toga Raditya.

Editor Baik

Tidak ada komentar