Ceriwis
Home » Umum » Ganasnya Laba-laba ‘Raksasa’ Memangsa Hewan Marsupial Australia

Ganasnya Laba-laba ‘Raksasa’ Memangsa Hewan Marsupial Australia

Laba-laba huntsman memangsa hewan marsupial.

Ceriwis – Ada sebuah kejadian langka dan cukup seram yang berhasil tertangkap kamera di Australia. Dalam sejumlah foto, seekor laba-laba huntsman berukuran besar tampak sedang memangsa seekor posum kecil yang ada di dalam sebuah pondok di kawasan Taman Nasional Mount Field. Posum adalah salah satu hewan marsupial asli Australia.

Foto-foto itu diambil oleh seorang pria dan lalu diunggah oleh istrinya, Justine Latton, di Facebook. Melihat ukuran laba-laba yang “raksasa” dan apa yang sedang ia lakukan pada seekor posum, wajar kiranya foto-foto tak lazim itu kemudian menjadi viral di internet.

Graham Milledge, manajer koleksi arachnologi Australian Museum, mengatakan bahwa momen yang foto itu ambil adalah kejadian langka. “Ini adalah kejadian yang lumayan langka,” ujar Milledge kepada The Guardian. “Ini adalah pertama kalinya saya melihat posum pigmi sebagai mangsa laba-laba huntsman,” lanjut dia.

Milledge menambahkan bahwa laba-laba huntsman semacam ini biasanya tidak memangsa posum. Mereka lebih sering terlihat memangsa burung kecil, katak, dan cicak.

Professor John Woinarski dari jurusan biologi Charles Darwin University memberi penjelasan mengenai posum yang jadi mangsa si laba-laba. Menurutnya, posum malang itu adalah posum pigmi timur atau Cercartetus nanus.

Ilustrasi posum pigmi timur yang diduga jadi mangsa si laba-laba.

Ia menjelaskan bahwa ada dua jenis posum pigmi di Tasmania, Australia. Yang pertama adalah posum pigmi kecil dan posum pigmi timur.Posum pigmi kecil bisa memiliki tubuh sepanjang lima sampai enam sentimeter. Biasanya, beratnya bisa mencapai tujuh gram. Ini adalah jenis posum terkecil di dunia.

Sementara posum pigmi timur bisa tumbuh sedikit lebih besar. Beratnya bisa mencapai antara 15 sampai 43 gram. Panjangnya bisa mencapai antara 7 sampai 11 sentimeter.Woinarski mengatakan bahwa posum pigmi timur memang memiliki habitan di Mount Field, yakni lokasi di mana foto diambil.

Meski dibilang langka, ini bukan pertama kalinya laba-laba huntsman tertangkap kamera memangsa mamalia mungil semacam ini. Pada 2016 lalu, seorang pria di Queensland berhasil mengambil video yang memperlihatkan seekor laba-laba huntsman sedang berusaha membawa tikus berukuran lumayan besar.

Melanie Putri

Tidak ada komentar