Ceriwis

Gunakan uang hanya untuk keperluan yang penting: Cara menyiasati pengeluaran ketika travelling

Jangan sampai hasil kerja kerasmu menguap begitu saja. kami menunjukkan tip budgeting terbaik yang bisa kamu ingat ketika liburanmu selanjutnya.

Liburan mempunyai cara untuk membuat uang hasil kerja keras mu hilang begitu saja. Dari hal besar sampai hal kecil, dari sarapan hingga hang out di Café atau berbelanja oleh-oleh, tanpa kamu sadari tiba-tiba uangmu sudah pas-pasan untuk bisa melanjutkan sisa liburanmu. Akhirnya kamu malah tidak bisa menikmati sisa liburanmu dengan tenang dan berakhir dengan menggesekan kartu kreditmu dan menciptakan pengeluaran yang lebih besar lagi.

Berdasarkan pengalaman yang ada bahwa merencanakan liburan terkadang rumit, bukanlah sesuatu hal yang aneh bila ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyiasati pengeluaran yang tidak diperlukan. Kami telah merangkumnya dalam 6 cara terbaik tips menyimpan uang selama liburan untuk membantu kamu menikmati liburan terbaikmu tanpa menciptakan kekacauan finansial.

  1. LEWATI SARAPAN DI HOTEL

Beberapa banyak diantara kalian yang rela untuk bangun lebih pagi hanya untuk menikmati fasilitas sarapan di hotel yang berakhir pada jam 10? Kalau dipikir-pikir makanan di hotel merupakan makanan dasar dan tidak terlalu spesial, kecuali jika kamu menginap di hotel berbintang 5 dengan fasilitas wahnya. Ini hanya merupakan taktik dari hotel untuk menambah jumlah tagihan kamarmu plus pajak dan pelayanan! Jika kamu hitung dengan teliti berapa banyak uang yang bisa kamu tabung bila kamu tidak mengambil fasilitas sarapan di hotel? Selain menghemat pengeluaranmu, kamu juga bisa mengatur waktu tidurmu sesuka hati dan kalau kamu seorang petualang dan menyukai pengalaman kuliner yang mengasyikan mencoba sarapan gaya lokal yang rasanya pasti unik dan menggugah seleramu.

 

  1. MEMBAWA JAKET/SWEATER YANG TIDAK TERLALU TEBAL

Kita memang tinggal di Negara tropis yang cuacanya relatif tropis dan stabil, namu tidak ada salahnya bila kamu Mempersiapkan sweater atau jaket yang tidak terlalu tebal merupakan barang wajib yang harus kamu bawa ketika berpergian, cuaca adalah sesuatu yang sulit diprediksi terutama di Negara dengan 4 musim, Misalnya ketika kamu datang berlibur ke Taipei di masa peralihan dimana temperatur bisa berubah dari 27 derajat celcius ke 14 derajat celcius disertai dengan angin kencang, membawa perbekalan ini akan sangat berguna ketika kamu menghadapi cuaca yang tidak menentu.

Masukan dalam kopermu Sweater hoodie dan cardigan kesayanganmu dan rasakan manfaatnya, kamu tidak perlu khawatir harus tiba- tiba merogoh dompetmu membeli jaket mendadak hanya karena cuaca yang berubah menjadi lebih dingin dan berangin, kamu bisa tetap merasa hangat!

  1. MEMBAYAR DENGAN MATA UANG LOKAL

Jika kamu sudah terbiasa berpergian ke suatu Negara, kamu akan mulai menginginkan cara untuk menghindari biaya konversi kurs, yang pasti akan menambah pengeluaran kamu setiap transaksi yang kamu lakukan.

Satu cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah untuk Apply Muti Currency Account (MCA), yang bisa membantu kamu untuk menjaga depositmu dan mata uang pilihanmu. Kamu juga bisa memilih untuk membeli mata uang asing yang kamu butuhkan, membantu untuk kamu mengetatkan anggaran liburanmu dengan menghindari biaya tambahan.

Ketika kamu menyimpan jumlah yang lumayan dalam kurs pilihanmu, kamu hanya tinggal membawa kartu ATM mu dan bisa melakukan penarikan ketika kamu tiba di lokasi tujuan berliburmu. Pastikan saja biaya transaksi yang di bebankan oleh Bankmu. Cara lain bisa kamu lakukan dengan menggunakan mata uang lokal dalam bentuk tunai. Ini menjadi alternative bijak untukmu karena menggunakan kartu kredit akan menimbulkan biaya tambahan yang cukup besar dalam tagihanmu.

  1. GUNAKAN APLIKASI TRANSPORTASI ONLINE

Transportasi online bisa menjadi alternatif untukmu daripada harus menggunakan taksi yang harganya lebih mahal, di beberapa Negara lain selain di Indonesia juga telah memilikinya, kamu tinggal melakukan pencarian di google untuk mengetahuinya dan menginstal aplikasinya di handphonemu. Bagaimana jika Negara yang kamu kunjungi menggunakan metode pembayaran berbeda yang tidak bisa diaplikasikan melalui bankmu? Tetaplah instal aplikasi tersebut dan membayar dengan tunai. Cara ini masih lebih aman daripada ketika kamu memilih taksi gelap yang terkadang pengemudinya nakal. Perjalananmu akan terekam dan pengemudi serta kendaraannya pun sudah teregistrasi.

  1. MEMILIH ASURANSI TRAVEL YANG TEPAT

Berlibur dapat menimbulkan beberapa kondisi yang tidak terduga, misalnya bila kita tiba-tiba sakit di negeri orang atau koper bawaanmu yang tertinggal yang menyebabkan kerugian hilang atau rusaknya barang-barangmu? Menggunakan asuransi yang tepat ketika berpergian merupakan cara menghemat uang sekaligus menjamin keamanan dan keselamatanmu ketika berlibur, tak perlu kuatir ketika kamu tetiba harus mengunjungi IGD rumah Sakit ketika kamu mengalami diare atau kecelakaan yang tak terduga. Kamu akan merasa lebih aman ketika berpergian dan siap menghadapi keadaan bila tidak berjalan sesuai dengan rencanamu.

  1. MEMILIH PAKET PERENCANAAN PENERBANGAN TERBAIK

Program Frequent Flyer membiarkanmu untuk mendapatkan point dari transaksi yang kamu lakukan yang bisa kamu tukar dengan keuntungan yang lain seperti akomodasi/hotel, pertunjukkan/atraksi, dan sebagainya. Sangat menggoda namun, menyisihkan $100 dari tiketmu untuk ditukar dengan poin penerbanganmu, padahal tidak semuanya berguna untuk kamu pakai ketika berlibur. Untuk itu kamu perlu memilih dengan hati-hati ketika ingin menukarkan poin yang kamu dapat untuk dihabiskan dalam liburanmu. Aturan terbaik adalah ketika kamu menukarkan poin penerbanganmu dengan tiket berlibur pulang pergi ke Bali, tentu akan banyak menghemat pengeluaranmu dan dapat dialokasikan untuk kebutuhan berliburmu yang lain. Selamat Mencoba ya!

Yane Pranata