Hal Paling Cerdas Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Diri Sendiri Hari Ini

Photo by: Leonardo Regoli

Mereka yang tidak bangun dan bergerak, tidak memperhatikan belenggu mereka.

Sekitar sepuluh tahun lalu saya dan Angel memulai blog yang pada akhirnya akan menjadi Marc dan Angel Hack Life. Kami tidak tahu cara merancang sebuah situs web. Kami tidak tahu apa blog itu. Kami bahkan tidak benar-benar tahu cara menulis dengan baik. Yang kami tahu adalah lima hal:

  • Kami baru saja kehilangan dua orang tercinta, tiba-tiba, karena sakit.
  • Kami sedang berjuang dalam kehidupan pribadi dan profesional kami.
  • Kami membutuhkan sebuah saluran pelepasan.
  • Kami bergairah dengan menulis, dan meningkatkan tulisan kami.
  • Kami belum cukup banyak menulis.

Jadi kami membuat sebuah situs web dan mengubahnya menjadi sebuah blog. Karena kami tidak tahu persis bagaimana nantinya, kami hanya mendaftarkan nama domain marcandangel.com. Gagasannya adalah, meskipun konsep kami untuk blog itu berubah dari waktu ke waktu, nama kami akan tetap sama. Itu taruhan yang aman.

Mulai saja

Sejujurnya, kami tidak merasa siap untuk menulis secara terbuka di blog. Tapi yang penting adalah bahwa kami memulai saja.

Itu seminggu setelah sahabat bersama kami meninggal tiba-tiba. Kami menghabiskan banyak waktu memikirkan tentang itu, dan tentang blog baru kami. Kami ingin membuatnya berbeda dari semua blog lain di luar sana. Kami ingin membuat blog kami menonjol.

Kami sudah sering merasa seperti ini, dengan menulis dan dengan upaya hidup kami lainnya. Bahwa jika kami tidak bisa melakukan apa yang belum pernah dilakukan sebelumnya, tidak ada gunanya memulai.

Inilah hal serupa yang menghentikan kami menulis blog beberapa tahun sebelumnya ketika kami awalnya punya ide itu—saat kami terdaftar di kelas kuliah psikologi bersama-sama dan menemukan konsep itu mencerahkan. Kami merenungkan gagasan menuliskan apa yang kami pelajari dan bagaimana hal itu diterapkan untuk kehidupan, tapi ada seratus blog lain di ranah perbaikan diri secara umum. Apa yang harus kami sampaikan yang akan berbeda dari salah satu dari mereka?

Kami tidak bisa menjawab pertanyaan itu. Dan jadi kami menundanya.

Sekarang kami sedang mengalami, secara langsung, banyak masalah psikologis yang telah kami pelajari bertahun-tahun sebelumnya, dan menemukan diri kami di posisi yang sama. Kami menebak-nebak diri kami lagi. Kami tidak tahu apakah ide-ide dan tulisan kami cukup bagus. Kami tidak tahu apa yang bisa kami tawarkan yang berbeda dari yang lain. Kami tidak tahu apakah kami mampu menonjol.

Pikiran negatif kita bisa menjadi musuh terbesar kita.

Tapi sekali lagi, intinya adalah, kami memulai saja.

Lakukan selangkah demi selangkah

Bagaimana kami belajar untuk memulai sebuah situs web dan membangun sebuah blog? Dengan cara serupa siapa saja belajar sesuatu yang baru. Sedikit demi sedikit, langkah demi langkah, satu halaman demi satu halaman.

Kamu mulai membaca dan belajar. Kamu membuat keputusan dan mengambil tindakan. Kamu membuat kesalahan. Kamu belajar lagi. Kamu mencoba lagi. Kamu menjadi sedikit lebih baik. Kamu belajar lagi. Kamu membuat lebih banyak keputusan dan mengambil lebih banyak tindakan …

Dan sebelum kami tahu, kami menulis blog setiap hari di “Marc dan Angel Hack Life”.

Inilah salah satu kebiasaan paling penting yang kamu butuhkan untuk mengembangkan kesuksesan dalam hidup. Tidak masalah jika kamu ingin menjadi seorang blogger,wirausahawan, seniman, atau CEO dari perusahaan Fortune 500. Belajarlah untuk memulai sebelum kamu merasa siap, dan kamu akan belajar cara untuk berhasil, langkah demi langkah, bahkan sebelum kamu menyadari bahwa kamu cukup bagus.

Apakah kami berpikir versi pertama dari “Marc dan Angel Hack Life” adalah blog yang bagus? Tidak juga. Tapi itu sangat OKE. Hanya teman-teman dekat dan keluarga kami yang membacanya pada awalnya. Dan mereka lebih peduli tentang apa yang sedang kami kerjakan dan apa yang kami alami daripada tentang tata bahasa yang sempurna dan judul yang menarik.

Tapi seiring lebih banyak orang mulai membaca artikel kami, kami menjadi termotivasi untuk membuat setiap artikel lebih baik daripada yang terakhir. Saya menulis beberapa artikel tentang perjuangan pribadi saya dengan kehilangan dan mereka mulai membagikannya ke mana-mana. Dalam beberapa hari, artikel-artikel telah mengumpulkan lebih dari seribu pengunjung unik.

Saya tidak percaya! Seribu orang membaca blog kecil kami. “Sudah waktunya untuk membereskan blog ini,” pikir saya. “Kami butuh desain yang lebih bersih. Kami butuh server yang memuat lebih cepat. Kami butuh lebih banyak artikel seperti ini untuk dibaca orang-orang.”

“Kami butuh blog yang lebih bagus!”

Bagaimana kami belajar membangun blog yang lebih bagus? Dengan cara serupa orang-orang belajar apa pun. Sedikit demi sedikit, langkah demi langkah, satu halaman demi satu halaman.

Dan hal yang luar biasa terjadi ketika kami memulai sebelum kami merasa siap. Kami menemukan cara-cara baru untuk mencapai apa yang tadinya tampak di luar jangkauan. Kami mengembangkan suara kami sendiri. Kami mengembangkan gaya penulisan kami sendiri. Kami mengembangkan kebiasaan kami sendiri untuk sukses. Dan dengan tidak berfokus pada alasan kita harus berhenti, tapi alasan kita harus berjalan terus, blog kami menjadi lebih baik dan lebih baik. Hari ini, lebih dari tiga juta orang membacanya setiap bulan.

Sambung lagi otak kamu

Ini hanya soal mengabaikan suara-suara negatif yang berceloteh di kepala, dan memberikan kekuatan kita untuk kemungkinan positif di depan.

Bagaimana dengan kamu? Apa yang terjadi ketika kamu mengatakan kepada diri sendiri hal-hal seperti, “Saya tidak punya apa yang diperlukan” atau “Saya belum siap”?

Ini tentu saja tidak menghasilkan kesuksesan. Seseorang yang sukses tidak akan pernah mengatakan sesuatu seperti itu. Itulah kebenaran yang sulit.

Ketika kamu terus-menerus mengatakan kepada diri sendiri kebohongan kecil yang mencela diri sendiri ini, kamu mulai memercayainya dan perilaku kamu secara alamiah mendukung kebohongan itu. Kamu mulai menunda-nunda. Kamu menempatkan tujuan terbesar kamu di belakang. Kamu selalu merasa bersalah dan menyesal karena tidak mengambil tindakan. Kamu menyerah ketika rintangan pertama datang. Dan daftarnya terus bertambah.

Kamu tahu bagian apa yang benar-benar menakutkan? Kebanyakan orang tidak tahu mereka sedang menggali lubang untuk diri sendiri dengan berkali-kali mendengarkan percakapan diri negatif mereka.

Untuk mengeluarkan diri, kamu perlu benar-benar menyambung lagi otak kamu dan mengganti pola pikir negatif dengan pola pikir positif dan produktif. Alih-alih mengatakan “Saya tidak punya apa yang diperlukan” kamu harus mulai mengatakan “Saya bisa memikirkan hal ini!” Dan dengan demikian, kamu akan berhenti mengatakan “Saya belum siap” dan kamu akan mulai mengambil tindakan karena pola pikir baru adalah sesuatu yang sebanding dengan “saya siap untuk belajar dan berkembang!”

Ada puluhan kebohongan umu yang mencela diri sendiri (percakapan diri negatif) yang merugikan citra diri kamu dan, hasilnya, keberhasilan dan kepuasan kamu. Lalu kebohongan ini mulai memengaruhi wilayah lain dari kehidupan kamu seperti:

  • Kurangnya energi
  • Stres dalam hubungan kamu
  • Sedikit motivasi untuk melakukan sesuatu yang baru sama sekali

Jika kamu pernah memergoki diri kamu terjebak dengan pola pikir negatif yang sama, kamu perlu mengambil tindakan secepatnya. Semakin lama kamu membiarkan setan-setan kecil ini, semakin sulit untuk menyingkirkannya.

Dan tentu saja, jika kamu sedang berjuang dengan semua ini, ketahuilah bahwa kamu tidak sendirian. Banyak dari kita ada di sana bersama kamu, bekerja keras untuk merasa lebih baik, berpikir lebih jernih, dan mengembalikan hidup kita pada jalurnya. Inilah mengapa saya dan Marc membangun “Kembali Bahagia”. Program ini berisi langkah-langkah yang telah teruji waktu tentang bagaimana melakukan hal itu, dan kami tersedia untuk secara pribadi memandu kamu dan siswa kursus lainnya kapan pun ada pertanyaan. (Marc Chernoff)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *