Ceriwis

Hal Yang Perlu Diketahui Saat Windows 7 Berakhir

Logo sistem operasi Windows dari Microsoft.

Ceriwis – Microsoft mengumumkan bakal mengakhiri masa hidup sistem operasi Windows 7 pada 14 Januari 2020. Pada tanggal itu, Microsoft akan berhenti mendukung segala pembaruan software dan keamanan untuk Windows 7, baik di laptop maupun desktop.

Tentu ini menjadi kabar yang kurang baik bagi para pengguna Windows 7, apalagi jika melihat sistem operasi ini masih populer dan banyak digunakan orang-orang. Padahal sistem operasi ini telah dirilis sejak 10 tahun lalu.

Artinya, setelah 14 Januari 2020, pengguna Windows 7 tidak bisa lagi meminta bantuan Microsoft untuk mengatasi masalah yang terjadi pada sistem operasinya. Hal ini membuat perangkatmu jadi berisiko, apalagi mengingat tidak ada lagi pembaruan sistem keamanan Windows 7 setelah tanggal tersebut.

Malware-malware yang ada di dunia maya bisa saja menyerang perangkatmu yang tidak lagi memiliki pertahanan mumpuni karena tidak ada update sistem keamanan. Biasanya, ketika Microsoft mengumumkan suatu software akan diakhiri masa hidupnya, maka perusahaan akan memberikan sejumlah pembaruan sebelum tanggal berakhirnya masa hidup.

Microsoft.

Microsoft telah mengimbau para penggunanya agar segera beralih ke Windows 10. Spesifikasi minimum perangkat yang dibutuhkan untuk menjalankan Windows 10 juga terbilang tidak tinggi dan bisa dipakai di laptop atau PC dengan spesifikasi rendah.

Berikut ini spesifikasi minimal Windows 10:

– Prosesor: 1 GHz atau lebih kencang

– Memori: RAM 1 GB untuk instalasi 32-bit dan RAM 2 GB untuk instalasi 64-bit

– Kapasitas hard disk: Up to 20 GB

– Kartu grafis: Layar beresolusi 800 dari 600 pixel atau lebih tinggi, dan cip grafis DirectX 9

Logo Microsoft.

Walau begitu, sebenarnya kamu masih bisa menggunakan Windows 7, kalau kamu masih menyukainya. Tapi, jangan bingung kalau masalah terjadi pada laptop atau PC milikmu. Amannya kalau kamu masih ingin memakai Windows 7 adalah jangan mengakses internet.

Tapi, untuk apa punya laptop atau PC jika tidak dikoneksikan dengan internet, bukan? Jadi, ada baiknya kamu mulai melupakan Windows 7 dan segera beralih ke Windows 10.

Richard Samuel