Ceriwis
Home » Life » Hindari Kebiasaan Ini Untuk Jaga Kesehatan Mentalmu

Hindari Kebiasaan Ini Untuk Jaga Kesehatan Mentalmu

Ilustrasi seorang perempuan menyendiri.

Ceriwis – Dalam menjalani hidup, menilai diri sendiri dan mengintrospeksi kesalahan adalah hal yang perlu dilakukan. Tentu, hal ini perlu dilakukan agar tercipta pribadi yang lebih baik lagi.

Namun, Anda perlu mempertimbangkan bagaimana cara Anda memperlakukan diri sendiri. Apa Anda sering mencaci diri sendiri? Jika ya, kebiasaan tersebut harus mulai Anda ubah.

Mulailah anggap diri Anda sebagai seseorang yang spesial, yang perlu dinasihati dengan cara baik. Bukan justru mengkritik diri secara berlebihan.

Dilansir Health, berikut 5 kebiasaan yang perlu Anda hindari sehingga tidak akan memberi dampak buruk pada kesehatan mental. Apa saja?

1. Jahat terhadap diri sendiri

Ilustrasi perempuan sedih.

Tanpa disadari, kita sering jahat terhadap diri sendiri, seperti mengkritik diri secara berlebihan.

Jika dialog dalam hati hanyalah berisi cacian terhadap diri Anda, maka Anda hanya membuat diri sendiri merasa kecil dan tak percaya diri. Nasihatilah diri Anda, bukan malah mencaci. Anggaplah diri Anda layaknya orang lain yang sangat Anda pedulikan.

2. Enggan meminta bantuan

Ilustrasi perempuan menyendiri.

Sebagian dari kita seringkali memendam perasaan karena tidak ingin merepotkan kerabat dan keluarga. Namun, jika memang Anda merasa amat kesulitan terhadap sesuatu dan membutuhkan bantuan, maka hal tersebut penting sekali untuk diungkapkan. Apabila terus dipendam, Anda hanya akan membuat diri sendiri semakin merasa terisolasi.

3. Menyepelekan rasa stres dan cemas

Ilustrasi perempuan stres.

Takut, stres, kekecewaan, dan rasa khawatir adalah sebuah emosi yang sulit dan rumit. Tak jarang, kita terkadang tak mau mengakui emosi tersebut.

Menurut Andrea Owen, motivator hidup dari Amerika Serikat, ketika Anda telah membuka diri untuk menerima keadaan dan semua perasaan yang ada, maka Anda akan merasa lebih nyaman dengan diri sendiri.

4. Membandingkan diri dengan orang lain

Ilustrasi Membandingkan diri sendiri.

“Ketika Anda membandingkan diri Anda dengan orang lain, maka Anda menjadi seseorang yang kalah,” ungkap Owen.

Baik membandingkan dari segi fisik, finansial, hubungan, dan lainnya, menjadi hal yang sepatutnya tak Anda lakukan pada diri sendiri. Ingat, setiap orang memiliki ‘perang’ mereka masing-masing. Anda perlu bersyukur atas apa yang dimiliki. Sehingga Anda akan lebih menikmati hidup dengan lebih baik.

5. Mudah merasa ‘tidak enak’ terhadap orang lain

Jauhkan ponsel saat melakukan interaksi langsung

Contohnya, yang ingin Anda lakukan adalah pulang ke rumah dan bersantai sendirian. Namun, Anda memutuskan untuk bertemu teman untuk beberapa jam hanya karena mereka memintanya dan Anda tidak enak untuk mengatakan tidak. Apakah hal ini terdengar familiar?

Anda berusaha membuat orang lain senang, walaupun hal tersebut bertolak belakang dengan yang Anda inginkan. Mulai sekarang, pikirkanlah perasaan Anda terlebih dahulu dibandingkan orang lain.

Bella Priscilla

Tidak ada komentar