Ceriwis
Home » Life » Hindari Kebiasaan Ini Untuk Jaga Kulit Anda

Hindari Kebiasaan Ini Untuk Jaga Kulit Anda

Ilustrasi warna kulit tidak merata.

Ceriwis – Kulit merupakan lapisan perlindungan pertama bagi setiap orang. Oleh karena itu, kesehatannya harus benar-benar dijaga dan diperhatikan. Anda harus tahu hal-hal apa saja yang baik dan tidak baik untuk kulit. Mulai dari jenis produk yang dipakai, kebutuhan nutrisi kulit, hingga kebiasaan dalam merawat kulit itu sendiri.

Melansir Boldsky, ternyata ada beberapa kebiasaan merawat kulit yang tidak Anda sadari bisa merusak kulit Anda. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut kumparan telah merangkum lima kebiasaan merawat kulit yang justru bisa merusak kesehatan kulit. Apa saja?

1. Memakai pelembap terlalu banyak

Mencegah tanda-tanda penuaan dini dengan goji berry.

Menjaga kelembapan kulit memang suatu keharusan. Namun terlalu banyak menggunakan pelembap ternyata justru bisa merusak kulit. Hal itu akan membuat kulit Anda kebal dan sulit beradaptasi dengan berbagai macam lingkungan. Oleh karena itu, pastikan setiap hari Anda memakai moisturizer atau pelembap sesuai dengan kebutuhan.

2. Berbagi makeup dengan teman

Ilsutrasi produk kecantikan.

Saling berbagi dengan teman memang hal yang sangat menyenangkan, apalagi berbagi produk kecantikan. Tetapi berbagi lipstik, maskara, eyeliner, dan produk makeup lainnya bisa membuat produk-produk tersebut mudah dihinggapi bakteri. Tak hanya itu, apabila kulit Anda sensitif, bakteri-bakteri yang menempel pada makeup bisa membuat kulit dan mata menjadi infeksi. Jadi jika tidak dalam keadaan darurat, pastikan Anda tidak berbagi makeup dengan teman.

3. Tidak menjaga kebersihan handuk wajah

Mengeringkan wajah dengan handuk.

Pastikan setiap setelah mencuci muka, Anda menjemur handuk hingga kering sebelum nanti digunakan lagi. Pasalnya, handuk merupakan tempat yang mudah sekali dijadikan sarang oleh bakteri. Keadaannya yang terus-terusan lembap juga bisa membuat wajah Anda cepat berjerawat.

4. Tidak mandi setelah olahraga

Ilustrasi Barre.

Apabila olahraga sudah menjadi rutinitas sehari-hari, pastikan Anda mandi setelah melakukannya. Jangan sampai alasan terlalu lelah atau terlambat ke kantor setelah olahraga pagi membuat Anda melupakan mandi. Karena sebaik-baiknya keringat yang dihasilkan oleh proses olahraga, keringat tersebut juga bisa membuat wajah Anda rawan breakout.

5. Kurang tidur

Jangan begadang.

Tidur merupakan hal paling penting dalam menjaga kesehatan kulit. Karena saat tidur, kulit melakukan proses penyembuhan alami yang bisa memperbaiki keadaan kulit-kulit yang rusak. Jika Anda tidak tidur dengan waktu yang cukup, berarti kulit Anda juga tidak bisa melakukan penyembuhan alami. Dampaknya akan membuat kulit menjadi kusam, terlihat lelah karena kemunculan dark circle dan kantung mata.

Bella Priscilla

Tidak ada komentar