Ilmuwan Mengungkap 15 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Lebih Bahagia

Manusia punya kemampuan mengagumkan untuk meningkatkan suasana hati mereka dengan sedikit tindakan sehari-hari, tapi banyak orang tidak tahu mana tindakan yang benar-benar membuat mereka bahagia. Ketimbang cuma mengharakan datangnya kebahagiaan, buatlah diri kamu lebih bahagia saat ini juga.

Berikut ini adalah 15 cara yang terbukti secara ilmiah bisa membuat kamu lebih bahagia.

1. Tuliskan 3 hal yang kamu syukuri

Penelitian terbaru menemukan bahwa menuliskan 3 hal yang kamu syukuri setiap minggu meningkatkan suasana hati kamu dan membuat kamu merasa lebih optimistis. Cobalah lakukan hal ini setiap Minggu malam untuk meningkatkan suasana hati kamu untuk seminggu ke depan.

2. Lihatlah bintang-bintang

Jika kamu merasa mundur dan tidak bahagia, lihatlah bintang-bintang pada malam yang cerah. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang-orang yang baru-baru ini merasa kagum lebih cenderung merasa ingin tahu tentang dunia, dan mereka lebih cenderung berperilaku murah hati terhadap orang lain.

3. Luangkan waktu di luar

Merasa stres? Habiskan waktu di luar—sebuah penelitian menemukan bahwa orang-orang memiliki tingkat hormon stres yang lebih rendah setelah menghabiskan waktu di luar.

4. Bertindaklah seolah-olah kamu bahagia (meskipun kamu tidak bahagia)

Berpura-puralah sampai kamu berhasil—para psikolog UC Riverside menemukan bahwa oranga-orang yang merasa terjebak oleh pikiran negatif bisa memanfaatkan satu pikiran positif saja, karena hal itu mendorong mereka untuk lebih proaktif dalam pencarian mereka atas kebahagiaan.

5. Meditasi

Jika kamu merasa tidak bahagia, pertimbangkan untuk mencoba belajar yoga. Banyak penelitian telah menemukan bahwa meditasi bisa membantu mengurangi perasaan depresi dan kecemasan.

6. Bacalah kisah petualangan

Jika kamu merasa sedih, ambillah buku Harry Potter. Sebuah penelitian tahun 2012 menemukan bahwa sekadar membaca tentang petualangan mengagumkan orang lain bisa membuat kamu merasa kurang stres dan lebih puas.

7. Dengarkan musik sendu

Ini mungkin tampak kontra-intuitif, tetapi banyak penelitian telah menemukan bahwa mendengarkan musik sendu berkaitan dengan peningkatan kebahagiaan.

8. Berjalan-jalan di alam bebas

Jika kamu tinggal di dekat hutan, jalan-jalanlah untuk meningkatkan tingkat kebahagiaan. Sebuah penelitian yang diterbitkan tahun lalu menemukan bahwa orang-orang yang berjalan kaki di alam bebas selama 90 menit memiliki lebih sedikit pikiran negatif tentang diri mereka sendiri.

9. Tentukan tujuan

Jika kamu ingin lebih bahagia, penentuan tujuan akan membantumu. Ini membuat kamu lebih sadar diri dan proaktif—dan mencapai tujuan akan membuat kamu merasa luar biasa.

10. Tuliskan jurnal perasaan kamu

Sains telah menemukan bahwa menulis jurnal membantu memperjelas perasaan kamu dan memecahkan masalah dengan cepat. Cobalah tulis jurnal setelah seharian bekerja keras untuk membantu kamu bersantai dan menghilangkan stres.

11. Habiskan uang untuk orang lain

Setelah sehari yang berat, rasanya menggoda untuk mentraktir diri sendiri, tapi penelitian menunjukkan bahwa kamu akan merasa lebih bahagia jika kamu menghabiskan uang untuk orang lain. Pikirkan untuk mentraktir orang asing atau rekan kerja segelas kopi atau makan siang kali lain kamu merasa terpuruk.

12. Kunjungi daya tarik lokal

Sebuah penelitian yang memeriksa kepuasan hidup menemukan bahwa orang-orang yang mendatangi drama-drama, museum, dan klub-klub memiliki tingkat kecemasan dan depresi yang lebih rendah daripada orang-orang yang tidak. Cobalah kelas gratis di kota kamu jika kamu ingin meningkatkan tingkat kebahagiaan kamu.

13. Pelajari suatu keterampilan

Belajar suatu keterampilan baru itu sangat bagus untuk tingkat kebahagiaan kamu; hal itu menyibukkan pikiran kamu dan membuat kamu lebih produktif, dan kamu akan merasa hebat ketika kamu punya bakat baru.

14. Makan siang di pantai

Jika kamu tidak bahagia saat berada di tempat kerja, cobalah makan siang di pantai atau taman. Penelitian telah menemukan hal ini akan membuat kamu merasa lebih bahagia dan lebih positif selama sisa hari kerja kamu.

15. Minum kopi

Kabar bagus bagi pecinta kopi—kafein meningkatkan kewaspadaan kamu dan meningkatkan suasana hati kamu, jadi kopi adalah pilihan bagus bagi siapa saja yang merasa lelah dan stres. (Amy Johnson)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *